Portofolio: SANROK Studio

25.01.16

Portofolio: SANROK Studio

Entri baru di skena desain Bandung.

by Ken Jenie

 

Portfolio: Questions for SANROK Studio

Bagaimana awal mula dibentuknya SANROK Studio?

SANROK Studio terbentuk ketika Mike dan Sandy selesai kerja bareng di event program studi Desain Produk sewaktu kuliah. Di acara itu, Sandy jadi art director dan Mike jadi graphic designernya, kebetulan Titoy jadi salah satu partisipan juga di acara tersebut. Mike dan Titoy sempat satu kelas di kuliah, dan karakter desain keduanya nyambung, dan ternyata mereka memiliki kecocokan dalam etos kerja dengan Sandy yang datang dari Desain Produk dari situ kami melihat potensi untuk berkembang secara karya dan komersil, dan kami lalu menamai project bersama ini sebagai SANROK Studio.

Apa karakter yang ingin dimunculkan pada karya SANROK Studio?

Sebenernya tidak ada karakter yang ingin kami munculkan secara spesifik. Misi kami adalah untuk objektif dan true-to-self aja, objektif dalam artian kami mengikuti market/filosofi brandyang kami kerjakan dan true-to-self maksudnya kami bekerja by experience, belajar dari pengalaman and mengambil inspirasi dari insight-insight terbaru yang menarik buat kami. Bagi kami, tidak terlalu penting untuk mengikuti genre tertentu.

Apakah ada karya yang bisa menjadi representasi karakter SANROK Studio, baik secara idealisme maupun komersil?

Semua karya yang kami tampilkan pada website sanrokstudio.com itu adalah representasi karya dan gaya SANROK secara idealisme maupun komersil.

Bagaimana approach dan proses SANROK Studio terhadap pengerjaan setiap project?

Dari awal menerima project, kami akan berdiskusi dengan klien, baik dalam lingkup project maupun personal interest untuk data-mining yang diperlukan untuk pengerjaan project. Kami ingin brand yang kami kerjakan bisa speak for itself. Sisanya sih standar saja sebenernya, mulai dari cari referensi, brainstorming, sketching, designing, mock-up, test print. Seperti layaknya standar proses design pada umunnya.

Bagaimana tata manajerial SANROK Studio dalam mengelola tiap personil desainer grafis?

Sekarang kami baru menambah 2 orang desainer, demi pengerjaan project yang efisien lagi. Tapi untuk project manager dan art director tetep dari kami bertiga.

Bagaimana SANROK Studio memposisikan idealisme dalam proyek-proyek komersil?

Semua designer/design house pasti memiliki keinginan untuk bisa menghasilkan karya komersil yang sesuai dengan idealisme masing-masing. Sayangnya, kondisi seperti itu cukup jarang terjadi, atau setidaknya kami masih belum mendapatkan kesempatan yang seperti itu. Untuk itu, di awal pengerjaan tiap project, kami pasti mengajukan alternatif desain yang sesuai dengan idealisme kami, tapi jika karakter tersebut kurang sesuai dengan keinginan klien, kami mengikuti saja keinginan mereka.

Bagaimana SANROK Studio memposisikan esensi karya graphic design dalam masyarakat?

Cukup simple sih untuk kami, basically good design itu adalah yang helping people, dalam skala terkecil ya jadi mudah dibaca dan dimengerti, dalam skala terbesar mungkin changing people’s life, tentunya untuk yang lebih baik.

Bagaimana pengalaman SANROK Studio dalam menjadi bagian dari industri graphic design di Indonesia?

Jujur kami belum bisa berkomentar banyak tentang ini. Tapi secara umum kadang ada project yang lancar dan macet, mungkin hampir sama keadaannya dengan bidang pekerjaan lain. Mungkin masalah yang kami hadapi adalah project dari pemerintah yang sering jadi rumit, karena mereka sepertinya tidak memahami tentang alur kerja desain, terutama soal revisi dan pembayaran.

SANROK Studio
Jalan Golf Raya No. 1
Cimeunyan, Dago Pakar
Bandung 40198
W: http://sanrokstudio.com/
E: sayhello@sanrokstudio.comwhiteboardjournal, logo

Tags