hotel dan tiket pesawat yang akan melengkapi rencana perjalanan Anda."/>

Express Take-Outs from Melbourne

20.05.16

Express Take-Outs from Melbourne

Recommended city’s sweet spots

by Febrina Anindita

 


Australia memiliki beberapa kota besar yang masing-masing memiliki kelebihan dan saling melengkapi. Hal tersebut membuat Australia menyediakan pilihan hiburan bagi warga lokal maupun wisatawan yang berkunjung untuk mencari pengalaman berbeda. Terletak di bawah garis khatulistiwa dan membujur panjang hingga mendekati poros bumi bagian selatan membuat Australia memiliki kelebihan dalam ragam alam di tiap sudut benuanya. Mulai dari iklim sejuk serta padanan alam tropis menunggu giliran untuk dikunjungi saat beraktivitas di Australia.

Beberapa kota besar di Australia pun menjadi tempat dimana berbagai budaya dan subkultur bersatu, dan salah satu representasinya yang paling akurat bisa ditemukan di Melbourne. Sebagai kota yang paling digandrungi dan dipadati oleh penduduk dari berbagai kebangsaan, Melbourne menjadi tolak ukur tingkat kontemporer tak hanya dalam konteks seni rupa, juga pada hampir segala sisi kehidupannya. Melbourne yang dikelilingi oleh institusi berbudaya, mulai museum, galeri serta kampus yang seringkali membuat acara menarik untuk dikunjungi orang-orang dengan latar belakang berbeda.

Untuk benar-benar menikmati apa yang ada di Melbourne, setidaknya dibutuhkan waktu satu minggu untuk dapat menikmati keindahan yang ditawarkan mulai dari rasa dan konsep dinamis akan kuliner hingga tujuan wisata menarik bagi individu urban. Berikut adalah beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk dikunjungi dalam tempo satu minggu tadi bagi mereka yang tak hanya mencari hiburan, tapi juga inspirasi dari sudut kota serta komunitas yang berkembang.

GOURMET MARATHON
Kehidupan Melbourne yang aktif, mendorong wisatawan tak hanya untuk mendapatkan berbagai hiburan dalam variasi bentuk dan olahan budaya pinggir kota penuh warna funky dengan energi yang menular. Salah satu sajian utama yang harus dicoba adalah pilihan kuliner yang tersebar dalam beberapa restoran dan cafe dengan berbagai menu otentik yang ditawarkan untuk pecinta kuliner dari seluruh dunia.

AUSTiNS
Dinamakan atas nama anak dari kepala koki Sunny Gilbert, AUSTiNS yang terletak di dalam Hotel Mt. Erica, adalah restoran yang mengutamakan makanan ala Spanyol dan Mediteranian melalui variasi menu tapas yang dilengkapi dengan menu harian spesial, menggunakan bahan-bahan tersegar dari pertanian lokal serta diproduksi baru tiap harinya. Memiliki atmosfer yang relaks, servis yang ditawarkan berbanding lurus dengan rasa yang diciptakan oleh koki terlatih, membuat AUSTiNS menjadi pemberhentian pertama untuk menikmati Melbourne dengan cantik di mata serta di lidah pada jam makan siang atau brunch.

Little Sunflower
Cafe ini bisa menjadi tempat favorit Anda jika Anda suka makanan sederhana dengan presentasi cantik, dalam hal ini adalah edible flowers. Little Sunflower, sesuai namanya yang terkesan manis, tampil layaknya cafe yang menyediakan menu sehat, dimana pancake dibuat manis namun Anda tak perlu khawatir akan angka kalorinya. Cafe yang baru dibuka pertengahan tahun lalu ini hanya menyediakan 36 kursi, menyediakan makanan yang kebanyakan diolah sendiri untuk mempertahankan kualitas dan rasa yang disajikan kepada pengunjung, telah membuat cafe ini terus ramai. Pecinta gluten-free bisa berbahagia menyantap makanan di sini, Anda dapat menikmati breakfast salad berisi biji-bijian, alpukat, bayam dan watercress dengan bacon dan telur rebus sebagai pelengkap. Sebuah tempat untuk memanjakan lidah kapanpun, tanpa ada rasa bersalah setelahnya.

Stagger Lee’s
Modern adalah imej pertama yang terlihat saat Anda menginjakkan kaki ke dalam Stagger Lee’s. Anda dapat mengunjungi restoran inI pada hari kedua setelah berkeliling Brunswick Street. Menu yang hadir di restoran dengan desain didominasi kayu kebanyakan menawarkan comfort food dengan padanan karbohidrat dan protein yang akan menjadi energi yang Anda untuk menelusuri Melbourne. Kopi menjadi hal utama yang ditawarkan Stagger Lee’s, jika suka kopi dari Brazil yang bisa diolah dengan filter atau bentuk single-origin espresso, di sinilah Anda bisa menyesapnya dengan nikmat.

Altair Restaurant
Terletak di Yarra Street, Altair Restaurant menawarkan fine dining dengan tingkat detail plating yang memukau. Menggunakan beragam jenis bahan makanan bertekstur dan berwarna menarik, tiap sajian yang keluar dari dapur menghadirkan paduan rasa unik yang menjadi ciri khas Altair. Menonjolkan hubungan sustainable antara produsen bahan baku makanan dengan para konsumen, restoran ini hanya menggunakan bahan baku terbaik dan diolah untuk dapat dinikmati saat sarapan atau makan siang panjang sembari meeting dengan deretan koleksi wine dibalut setting restoran yang elegan.

FLASH ART TOUR
Menawarkan beberapa spot khusus street art, Melbourne dan komunitas seni yang sustainable untuk menghadirkan street art pada tempatnya, yaitu di dinding jalanan hingga galeri kontemporer dengan keunikan tersendiri.

Gertrude Contemporary
Gertrude adalah salah satu pilihan utama bagi mereka yang ingin mengenal seni kontemporer. Sebagai salah satu galeri yang tersebar di Melbourne, Gertrude menjadi representasi karya seniman sejak 1985 dengan program dan pameran berisi ide-ide konseptual yang terekam dalam bentuk karya yang dapat diposisikan di dalam maupun luar ruang galeri. Menghasilkan 20 pameran tiap tahunnya dari seniman lokal maupun internasional, Gertrude jadi parameter perkembangan seni kontemporer terkini. Bertempat di sebuah bekas pabrik tekstil di Fitzroy, Gertrude terletak strategis di antara ruang independen, toko eklektik khusus, cafe serta tempat hiburan malam membuatnya dapat diakses dengan mudah.

Sutton Gallery
Ruang putih minimalis menghiasi Sutton Gallery yang menampilkan deretan karya seni dengan metode tertentu. Ruangnya yang terbatas, membuat Sutton Gallery hanya bisa memajang satu pameran pada setiap agendanya, jadi jika Anda ingin berkunjung harus mengecek kembali jadwal pameran di galeri ini. Sara Hughes, Tully Moore dan Richard Grigg adalah beberapa seniman yang sedang menggelar pameran di Sutton selama bulan Mei ini.

Hosier Lane
Hosier Lane mungkin sudah menjadi tren di antara wisatawan yang berkunjung ke Melbourne. Anda cukup memasukkan nama Hosier Lane dalam bentuk hashtag di Instagram dan langsung menemukan ratusan foto dimana dinding penuh graffiti menjadi latar belakang foto yang menunjukkan kegiatan urban para warga lokal maupun wisatawan. Keberadaan Hosier Lane menandakan pesatnya produktivitas dan kreativitas komunitas seni urban di Melbourne, banyaknya jenis gambar yang tertera pada graffiti pun menggambarkan betapa kaya street art yang diusung oleh skena graffiti lokal. Terletak hanya 2 menit dari Stasiun Flinders Street dan Federation square, Hosier Lane dapat dikunjungi dengan mudah bahkan sering dijadikan tempat berkumpul bagi orang-orang yang sering menjadikan dinding di daerah ini sebagai kanvas mereka.

Yarra Place
Didapuk sebagai daerah yang dapat ditempuh dengan kereta ke Stasiun Flinders Street, Yarra Place terkenal dengan area yang dipenuhi street art dan cafe urban, seperti ST.ALi. Karya seni di sini tampil dan menciptakan sebuah laneway art edgy dengan beberapa jenis figur mistis yang menghiasi gedung yang justru menghidupkan suasana di sekitar café. Adapun graffiti yang tersebar di beberapa gedung awalnya bermula ketika ST.ALi mengadakan street party dimana artis lokal diajak untuk menggambarkan karya mereka di sekitar gedung untuk mendukung suasana artistik ke struktur kota yang cenderung membosankan. Di sini Anda dapat memanjakan lidah dengan menu brunch, sekaligus memanjakan mata dengan karya seni yang ada.

SHORT GREEN GETAWAYS
Kebutuhan untuk berinteraksi dengan manusia menjadi poin utama dalam bersosialisasi namun keindahan alam yang merayu wisatawan membuat Melbourne memiliki nilai lebih dalam perannya sebagai tujuan wisata. Bagi Anda yang ingin menikmati alam Melbourne, terdapat beberapa alam lepas yang bisa dikunjungi untuk menghirup udara bersih, bersepeda, jogging hingga sekedar berjalan kaki menikmati sekitar.

Ballarat
Kota yang terletak satu jam dari Melbourne ini, menjadi city escapade yang dapat dituju oleh siapapun yang membutuhkan angin segar beraroma sejarah sebagai latar belakang. Ballarat memiliki kekayaan yang didapat dari Gold Rush pada 1851 yang menjadikan Ballarat sebagai titik penghasil emas terbesar di dunia yang membuatnya menjadi tujuan banyak orang. Sekarang, kota ini telah berkembang menjadi sebuah area berisi gedung bersejarah dengan arsitektur kuno yang mengingatkan akan zaman tertentu. Dimana masih terdapat kanon di beberapa sudut kota menjadikannya sebuah lingkungan dengan pemandangan inspiratif. Anda dapat mengunjungi Sovereign Hill yang dibuat untuk menggambarkan situasi Australia pada tahun 1850. Sebuah mesin waktu menuju abad 18 yang dapat dikunjungi kapan saja.

Phillip Island
Penguin menjadi atraksi utama yang dapat dinikmati wisatawan pecinta alam di Phillip Island. Pulau yang dikunjungi 3,5 juta pengunjung tiap tahunnya ini menyediakan tur untuk menikmati dataran alam pinggir pantai yang masih asri. Pemandangannya yang spektakuler dilengkapi dengan rombongan penguin yang berparade akan terlihat sangat menggemaskan. Koala, wombat dan wallaby juga akan terlihat di sekitar pantai, jadi siapkan kamera untuk mengabadikan interaksi Anda dengan alam dan makhluk hidup yang jarang ditemui di sudut kota Melbourne lainnya.

Dandenong Ranges
Dandenong sebuah area layaknya hutan dengan desa eklektik adalah pemberhentian tepat untuk retreat dari kesibukan kota yang penuh polusi udara dan suara. Ketenangan yang hadir di Dandenong menjadi salah satu hal menonjol walau terletak 35 km dari Melbourne. Dandenong adalah tempat yang tepat untuk berelaksasi atau merenggangkan otot dengan berjalan kaki, berlari maupun bersepeda. Trek yang tersedia di sini akan menghantarkan Anda pada jalan penuh pemandangan hijau berlapis-lapis yang bisa menyegarkan mata, sebuah rehat yang berarti dari hutan beton di pusat kota. Puffing Billy bisa menjadi alternatif pecinta sejarah yang ingin mengenal situs dengan berkeliling gunung melalui trek sepanjang 24 km dari Belgrave ke Gembrook. Kokoda Memorial Track juga sering menjadi pilihan untuk hiking melalui 1,5 km tangga panjang yang melewati situs historis yang mendokumentasikan perjuangan antara prajurit Jepang dan Australia pada Perang Pasifik saat Perang Dunia II. Ada baiknya Anda berkunjung di tengah minggu untuk menikmati alam secara maksimal seharian.

Kyneton
Terletak kurang lebih 85 km dari Melbourne, Kyneton adalah kota dengan kecantikan yang menenangkan. Dengan akses yang mudah, kota ini menjadi tujuan yang tepat untuk outing dan berlibur sejenak untuk mengeksplorasi area yang hanya bisa ditemui di sini. Layaknya suburban, Kyneton memiliki semua aspek kota namun dengan paparan akan modernitas lebih kecil. The Botanical Gardens, Campaspe River, Black Hill adalah beberapa dari sekian banyak tempat yang bisa dijadikan tempat piknik kilat atau berjalan-jalan. Pepohonan yang rindang di sekitar Kyneton berubah warnanya tiap musim membuat tiap foto yang diambil di sana memiliki ciri khas dan momen tersendiri bagi wisatawan. Kyneton sangat ideal bagi Anda untuk menjelajahi pusat Victoria.

Melbourne adalah tujuan terbaik untuk menikmati subkultur dan hiburan di Australia dimana Anda bisa merasakan beragam jenis hiburan saat liburan musim panas. Kunjungi Wego untuk mendapat harga terbaik untuk hotel dan tiket pesawat serta berbagai pilihan menarik untuk mengalami sendiri segala keseruan yang ada di sana.whiteboardjournal, logo

Tags