Seleksi Karya: Kurzgesagt

20.06.16

Seleksi Karya: Kurzgesagt

8 Video Animasi Pilihan.

by Ken Jenie

 

How Far Can We Go?
The Limits of Humanity

Sejak dahulu, manusia terpukau oleh bintang-bintang yang bersinar di angkasa. Meskipun masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, setiap hari kita semakin banyak tahu mengenai alam semesta dan sifatnya. Dari umurnya yang sekitar 13 milyar tahun, sampai variasi isinya seperti blackhole dan red dwarf. Di video ini, Kurzgesagt mengangkat fakta bahwa alam semesta semakin lama semakin luas dan mempertanyakan sejauh apa manusia bisa mengeksplorasinya. Tonton video ini untuk tahu kenapa kita hidup di saat yang tepat untuk mempelajari bintang dan planet-planet yang menghiasi angkasa.

Addiction
Apakah itu rokok, alkohol atau narkotika, adiksi adalah masalah yang mempengaruhi jutaan orang di dunia. Saat kita mendengar kata adiksi, kita sering kali berpikir bahwa adiksi datang dari ketergantungan badan kita kepada sebuah bahan kimia – video Kurzgesagt ini menjelaskan bahwa asumsi itu salah. Mulai dari kimia, fisik, sampai psikologi, “Addiction” menjelaskan bagaimana adiksi terjadi dan mungkin dari video ini banyak dari kita yang bisa belajar untuk mengatasi kebiasaan-kebiasaan buruk.

How Evolution Works
Planet kita penuh dengan makhluk hidup yang mengagumkan. Dari ikan di dalam laut, burung yang terbang di udara, sampai kita yang sedang membaca teks ini, keberagaman makhluk hidup yang bersama-sama mendiami bumi ini datang dari evolusi. Di video ini, Kurzgesagt berusaha menjelaskan teori evolusi dan seleksi alam. Dari variasi jenis anjing yang datang dari sejenis serigala, sampai bagaimana mata kita beradaptasi untuk bisa melihat sebagian dari spektrum cahaya, video mengajar asal usul kita di dunia, dan mengapa kita harus bersyukur untuk hidup di bumi ini (spoiler: 99% dari spesies yang pernah ada sudah punah).

Who Invented the Internet? And Why?
Internet telah menjadi ranah baru untuk kehidupan sosial kita, bisnis, dan kegiatan sehari-hari kita yang lain. Bagaimana internet menjadi sebagian hidup kita? Siapa yang membuatnya? Di video “Who Invented the Internet,” Kurzgesagt menjelaskan asal-usul world wide web yang bisa ditelusuri 40 tahun ke belakang. Seperti banyak hal di dunia ini, internet yang kita pakai bukan hasil karya satu orang saja, tetapi berbagai inovasi yang pada akhirnya digabung menjadi satu. Simak cerita asal usul internet di video ini.

What is Life? Is Death Real?
Pertanyaan yang sudah dari dulu manusia ungkapkan adalah “apa arti hidup?” Di video ini, Kurzgesagt berusaha menjawab pertanyaan ini secara ilmiah. Dimulai dari penjelasan bagaimana kita semua terdiri dari sel dan DNA, evolusi, dan berakhir dengan pertanyaan filosofis akan apa yang membedakan hidup dengan mati, video Kurzgesagt kali ini memberi bahan pemikiran yang patut kita pertimbangkan.

Nuclear Energy Explained
Energi adalah topik yang sering didebatkan di era sekarang ini. Dengan ketergantungan kita kepada teknologi yang memerlukan kita menguras sumber alam, Energi nuklir menjadi sebuah alternatif yang menarik. Tetapi, apakah energi nuklir aman? Dari Chernobyl sampai Fukushima, manusia sudah melihat bagaimana bencana nuklir bisa membuat area yang besar menjadi bahaya dan tidak bisa ditempatkan. Di sisi lain, energi nuklir sangat efisien dan bisa mempermudah kehidupan kita di berbagai aspek. Di 3 video ini, Kurzgesagt menjelaskan cara energi nuklir dihasilkan, kelemahannya, dan kelebihannya. Tonton 3 video ini untuk belajar dan memutuskan apakah energi nuklir adalah hal yang patut dipakai.

The Beginning of Everything
The Big Bang

Apakah Big Bang benar-benar terjadi? Menurut riset, Big Bang adalah teori yang bisa menjelaskan asal usul alam semesta dan kita semua. Di video ini, Kurzgesagt menjelaskan apa yang kita tahu mengenai awal alam semesta, waktu dan ruang. Meskipun manusia belum bisa menjawab semua pertanyaan mengenai asal usul segalanya, kita patut kagum dengan pengetahuan kita. Manusia sekarang tahu sebagian besar dari apa yang terjadi sepersepuluh pangkat negatif 31 detik sampai 14 milyar tahun alam semesta kita. Belajar mengenai Big Bang di sini.

The Antibiotic Apocalypse Explained
Dengan kapabilitasnya untuk melawan bakteri-bakteri yang membahayakan kesehatan kita, antibiotik adalah inovasi ilmu kedokteran yang menyelamatkan banyak nyawa. Tetapi melalui evolusi, banyak bakteri yang telah mengembangkan kekebalan terhadap antibiotik, sehingga manusia harus menemukan obat baru yang bisa melawan mereka. Dari pemakaian obat yang berlebihan sampai dengan makanan kita yang terkontaminasi, video Kurzgesagt yang ini bercerita mengenai antibiotik, pemakaiannya, dan evolusi dari bakteri.whiteboardjournal, logo

Tags