hotel dan tiket pesawat yang akan melengkapi rencana perjalanan Anda."/>

Adelaide Through the Looking Glass

02.11.16

Adelaide Through the Looking Glass

Immersing in its Art, History and Culture

by Febrina Anindita

 

Sebagai ibu kota Australia Selatan, Adelaide terkenal sebagai pusat berkumpulnya orang-orang kreatif sejak dulu kala. Adelaide adalah tempat pertama dihapusnya diskriminasi seksual dan ras di Australia, juga kota pertama yang mengakui hak tanah suku Aborigin dan yang pertama memberikan hak memilih kepada perempuan. Tak hanya representasi progresivitas di Australia, kota kecil ini memiliki banyak sejarah dan budaya yang ditawarkan. Kenali Adelaide dari museum-museum yang tersebar di sudut kota untuk melihat kota ini sebagai sumber inspirasi lewat daftar berikut.

huawesmall
http://www.southaustralia.com/en-my/places-to-go/adelaide/museums-galleries-and-collections

Art

Art Gallery of South Australia
Sejak 1881, Art Gallery of South Australia adalah tempat bersejarah yang terletak di gedung tua dengan desain tercantik di Adelaide. Terletak di pusat budaya Adelaide, North Terrace, tempat ini menyimpan 38.000 karya dari kesenian Australia, Amerika Utara dan Asia. Mulai dari lukisan, print, tekstil, patung, furniture, hingga keramik dan perhiasan. Koleksi di tempat ini terbentang dari awal berdirinya Eropa pada abad ke-19 hingga hari ini. Galeri ini juga memiliki bagian khusus untuk karya dari Asia Tenggara, India dan Jepang, serta satu-satunya galeri di Australia yang mendedikasikan karya bertema Islam.

huawesmall
http://indaily.com.au/arts-and-culture/2016/08/03/funding-cuts-force-sa-visual-arts-organisations-to-merge/

Australian Experimental Art Foundation
Australian Experimental Art Foundation dibuka pada 1974 oleh sekelompok seniman dan pakar seni asal Adelaide. Mereka berkeinginan mendorong pendekatan baru terhadap seni rupa dan mempromosikan ide mengenai seni sebagai “hal radikal dan estetik secara tidak langsung.” Galeri ini mengambil peran signifikan secara nasional dalam mendukung seni kontemporer eksperimental. Mengangkat isu unik seperti kematian, phobia dan kehidupan modern, galeri ini penuh dengan seni eksperimental yang tidak biasa.

Contemporary Art Center of Adelaide
Tempat yang selalu berwarna ini dikenal dengan ragam eksebisi yang memamerkan karya seniman Australia yang inovatif dan progresif. Dibuat pada tahun 1942, para kurator dan tim di balik galeri ini telah mendalami dan memiliki passion besar terhadap seni kontemporer.

History

National Rail Museum
Kereta merupakan hal krusial jika merunut pada perkembangan awal mula berdirinya Adelaide. Pada tahun 1963, sekelompok orang yang melestarikan kereta berinisiatif untuk merestorasi kereta uap untuk mempertahankan sejarah kereta, yang telah membantu Australia Selatan selama beberapa dekade dalam perdagangan dan transportasi. Lewat museum National Rail Museum, Anda bisa melihat mesin-mesin bersejarah dilestarikan. Dan yang paling penting, Anda bisa belajar tentang sejarah Adelaide saat kereta uap berjaya dalam membantu perkembangan kota dan masyarakat Adelaide.

Migration Museum
Salah satu museum paling kontekstual di Adelaide. Sebagai kota yang hidup dengan ragam kultur, museum ini mengangkat kultur tersebut secara apik. Menawarkan koleksi yang besar, mulai dari barang peninggalan, kostum, hingga foto dari kultur yang masuk ke Adelaide, museum ini melestarikan dan memberikan pelajaran mendalam namun ditampilkan dengan ringan, tentang perbedaan kultur yang ada di Australia Selatan.

huawesmall
http://www.weekendnotes.com/free-monday-monster-movie-days-adelaide-gaol/

Adelaide Gaol
Gedung Gaol beroperasi sejak 1841 hingga 1988 sebagai penjara bagi beberapa penjahat terkenal di Australia Selatan. Sekarang gedung tersebut diubah menjadi sebuah museum yang dapat dikunjungi untuk mempelajari sistem keadilan di Adelaide dan tawanan kelas dunia. Banyak cerita bahwa tempat ini berhantu, membuatnya semakin menarik bagi wisatawan. Jika Anda ingin mengedukasi sekaligus menantang diri, coba Ghost Tour atau Paranormal Workshop yang akan mengajak Anda ke beberapa lokasi paling berhantu di Gaol bersama pemandu handal.

Culture

Tandanya Museum
Sejarah Aborigin memiliki peran besar dalam sejarah dan kultur Australia. Museum Tandanya adalah museum yang merawat karya suku Aborigin di Australia. Salah satu koleksi yang dipamerkan di sini antara lain adalah karya kontemporer dan tradisional dari Torres Strait Islands. Museum ini merupakan salah satu museum Aborigin terkenal di seluruh Australia yang merawat, mengedukasi dan memahami kepentingan kultur aborigin.

South Australia Museum
Museum serba ada yang menceritakan sejarah Australia Selatan melalui sejarah politik, alam dan peninggalan kulturnya. Museum ini menampilkan beragam koleksi dari seni Aborigin, lukisan klasik hingga fosil opal. Selama lebih dari 150 tahun, museum ini telah mendedikasikan diri untuk memperkenalkan peninggalan kultur dan natural asal Australia Selatan kepada publik. Museum ini merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sambil mendalami kultur Australia Selatan.

huawesmall
http://www.expedia.com/pictures/south-australia/adelaide/south-australian-maritime-museum.d6211721

Maritime Museum
Layaknya kereta, perkapalan di sungai dan laut Adelaide memiliki kekuatan dalam membentuk kultur Adelaide hari ini. Maritime Museum telah mengisi koleksinya sejak 1872 dengan mengeksplorasi dan merayakan sejarah samudera dan sungai Australia. Koleksi yang ditampilkan mulai dari sketsa orisinal, lukisan, serta alat yang digunakan untuk melengkapi peta Australia pada abad ke-19.

Seperti kota lain di Australia, Adelaide juga kaya akan seni, sejarah dan kultur. Baik untuk mencari inspirasi artistik atau mengedukasi diri lewat museum yang tersebar di sudut kota. Selain Adelaide, Anda juga bisa mengunjungi Hobart untuk melihat perkembangan seni yang ditawarkan kepada wisatawan maupun Gold Coast untuk eksplorasi tempat unik. Untuk bisa merasakan serunya beragam museum di Adelaide, gunakan Wego untuk mencari hotel dan tiket pesawat saat berlibur ke Adelaide.whiteboardjournal, logo

Tags