Bergerak Di Luar Ruang Sinema Bersama Visinema Pictures

Ahead
23.05.18

Bergerak Di Luar Ruang Sinema Bersama Visinema Pictures

Dengan melibatkan publik dan menciptakan sebuah komunitas, Visinema Pictures menunjukkan bahwa berkarya tanpa batas merupakan hal yang sangat bisa terjadi.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Avi Amerta

Foto: Google

Rumah produksi Visinema Pictures sudah tak asing lagi namanya di industri perfilman Indonesia. Didirikan tahun 2008, Visinema Pictures yang dikembangkan oleh Angga Dwimas Sasongko merupakan PH dibalik segelintir karya film Indonesia yang mengangkat tema-tema relevan.

Di tahun 2015 misalnya, Visinema Pictures memproduksi film “Filosofi Kopi” yang mengangkat tema seputar kedai kopi yang pada saat itu mulai banyak bermunculan. Film tersebut tidak hanya menunjukkan kualitas karya anak bangsa mulai dari segi produksi yang terbilang sangat maju, tapi juga meninggalkan legacy lebih dengan adanya bentuk nyata bagian dari filmnya sendiri, yaitu dalam bentuk Kedai Filosofi Kopi. Konsep yang dilakukan oleh Visinema ini memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung karena publik diajak merasakan bagian-bagian dari film “Filosofi Kopi”, seperti merasakan aroma Kopi Tiwus dan vibe dari lokasi Kedai Filosofi Kopi yang dipilih oleh karakter Ben & Jody. Tak berhenti di situ, legacy dari “Filosofi Kopi” juga hadir dalam berbagai bentuk merchandise, mulai dari kaos hingga berbagai aksesori yang dapat dipakai.

Berlanjutnya legacy “Filosofi Kopi” melalui kedai kopi dan berbagai merchandise lainnya membuktikan bahwa selain menghasilkan karya yang tidak mengikuti tren film, Visinema Pictures juga berhasil menciptakan serta merangkul berbagai komunitas. Hal ini juga terlihat dari segi produksi, dimana Visinema Pictures juga tidak segan untuk melampaui hal yang biasa. Untuk produksi film “Filosofi Kopi 2” misalnya, Visinema Pictures mengajak penonton dan penulis, baik amatir atau profesional, untuk ‘menuntun’ jalur cerita sekuel film ini.

Dengan melibatkan publik dan menciptakan sebuah komunitas, Visinema Pictures menunjukkan bahwa berkarya tanpa batas merupakan hal yang sangat bisa terjadi, apalagi dengan memanfaatkan berbagai macam wadah berkarya. Berkembangnya era digital memberikan ruang untuk Visinema Pictures berkarya di luar bioskop, seperti membuat berbagai konten online dan mengajak juga berbagai pelaku industri seni untuk berkolaborasi dalam berbagai aspek kreatifnya. Kini Visinema Pictures sedang mempersiapkan webseries baru bertemakan musik yang terinspirasi dari semangat generasi baru Indonesia. Simak terus beritanya di channel AHEAD untuk melihat bakal seperti apakah series terbaru dari Visinema ini!whiteboardjournal, logo