Dokumentasi Musik Indonesia bersama Irama Nusantara dan Bekraf

03.06.16

Dokumentasi Musik Indonesia bersama Irama Nusantara dan Bekraf

by Febrina Anindita

 

Internet datang ketika industri musik sedang mengalami populerisasi baru di tahun 90’an. Sangat disayangkan bahwa pendokumentasian data-data musik pra-internet terbengkalai dan rilisan fisik banyak yang hanya diperhatikan oleh beberapa kalangan yang mengkoleksinya. Isu ini kini menjadi bahasan hangat di antara pecinta musik yang merasa pendataan musik Indonesia yang kaya akan pengaruh tren musik yang beredar sekarang sangatlah kurang.

Berkaitan dengan keprihatinan akan hal tersebut serta dilandasi oleh kecintaan terhadap musik Indonesia, sebuah yayasan bernama Irama Nusantara berinisiatif untuk mengarsipkan musik populer Indonesia dari masa lalu dalam bentuk digital. David Tarigan bersama inisiator lainnya telah mengumpulkan koleksi rilisan fisik dari era 1950’an hingga 1980’an dan mengubahnya ke dalam format digital sehingga publik dapat mengaksesnya musik dari zaman sebelum mereka lahir serta dapat melihat titik awal industri musik popular di Indonesia di era 50’an.

Kayanya ragam musik Indonesia, seperti Aida Mustafa, Drakhma, The Rollies dan Koes Brother yang hanya diketahui generasi tertentu, kini bisa menjadi referensi yang dapat diakses secara interaktif melalui perangkat elektronik berbasis internet. Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) sebagai instansi negara pun mendukung pengarsipan tersebut ke dalam situs iramanusantara.org guna mendata hasil industri rekaman di Indonesia. Menggunakan sumber data dari Radio Republik Indonesia (RRI), kolektor dan beberapa perusahaan rekaman seperti Lokananta, diharapkan proyek ini dapat berjalan dengan maksimal.

Bersama dengan Bekraf, situs Irama Nusantara telah memiliki pengarsipan dalam bentuk digital sedikitnya 1000 rilisan fisik musik Indonesia. Triawan Munaf selaku Kepala Bekraf pun mengungkapkan bahwa pihaknnya optimis ingin menyediakan 100 rilisan digital tiap bulan. Selain mengajak masyarakat untuk lebih mau mengenal dan mencintai karya-karya musik populer Indonesia, upaya ini juga turut mengajak masyarakat untuk ambil bagian dalam inisiatif pengarsipan dan pendokumentasian musik populer Indonesia, yang secara tidak langsung juga berarti ikut melestarikan karya-karya tersebut.

Foto dok. Irama Nusantara dan Febrina Aninditawhiteboardjournal, logo