Mengejar Kesempurnaan Karakter Gitar Melalui Seri That Pedal Show

28.09.16

Mengejar Kesempurnaan Karakter Gitar Melalui Seri That Pedal Show

by Ken Jenie

 

Gitar adalah instrumen yang sangat mempengaruhi suara dan gaya musik pada abad ke 20 dan 21. Dari petikan jazz Charlie Christian, suara fuzz yang dipakai Jimi Hendrix, sampai permainan gitar agresif dan penuh distorsi dari Youth of Today, gitar, khususnya gitar listrik, menawarkan pembaharuan pada warna musik, membentuk musik populer yang kita nikmati hingga hari ini. Salah satu inovasi yang datang bersama instrumen ini adalah pedal efek. Wah, fuzz, overdrive, chorus, delay adalah beberapa jenis pedal yang menambah warna dan karakter kepada suara gitar, dan di era sekarang sudah menjadi aksesoris umum bagi musisi, baik untuk yang sering pentas di atas panggung atau hobbyist yang lebih gemar bermain di rumah.

Karakter tone gitar yang sempurna adalah suara yang dicari oleh banyak gitaris, dan meskipun tone yang bagus adalah hal yang subjektif, ada banyak hal-hal teknis seputar gitar dan pedal yang patut dimengerti oleh pemainnya. Salah satu sumber pengetahuan gitar listrik yang sangat menarik adalah That Pedal Show, acara reguler yang bisa ditonton di Youtube.

Bersama 2 host reguler yakni Daniel Steinhardt, salah satu penemu perusahaan TheGigRig yang membantu gitaris menemukan tone gitar yang mereka cari melalui konsultasi dan beberapa produk rilisan mereka, dan Mick Taylor, gitaris profesional, jurnalis musik dan mantan editor-in-chief Guitarist Magazine, That Pedal Show menelusuri dan menjelaskan berbagai macam amplifier, pedal, dan gitar di setiap episode.

Biasanya, satu episode That Pedal Show akan membahas satu jenis suara, misalnya pedal modulasi, dan mereka akan menelusuri berbagai pedal modulasi. Sembari mencoba pedal-pedalnya, mereka menjelaskan bagaimana jenis gitar, pick ups, pedal dan ampli berinteraksi sehingga membuat karakter unik pada permainan gitar.

Percakapan mereka seputar hal teknis sangat menarik bagi musisi atau hobbyist yang ingin mendalami pedal dan gitar. Selain itu, Daniel dan Mick selalu bisa menyelipkan candaan diantara penjelasannya, sehingga tiap episode yang berdurasi 20 menit terasa ringan namun tetap berisi.

That Pedal Show memperbaharui acara mereka secara reguler dan bisa ditonton di tautan berikut:
That Pedal Show on Youtube
whiteboardjournal, logo