Selentingan Ringan dari Basboi

06.06.17

Selentingan Ringan dari Basboi

by Febrina Anindita

 

Teks Muhammad Faisal
Foto oleh Dok. Basboi

Dunia hip hop lokal kiranya sedang menuju ke fase yang berkembang. Talenta-talenta baru bermunculan membawa karakter masing-masing. Ada yang mengusung konsep lama, membaurkan diri dengan musik terkini, hingga mengubah pakem secara drastis. Tak masalah. Semakin beragam, semakin menyenangkan. Salah satu yang patut diwaspadai adalah Baskara Rizqullah atau akrab disapa dengan Basboi. Selepas meluncurkan nomor-nomor bernas seperti “Night Drive”, “These Kids”, serta “Out of Words”, kini ia kembali datang memikul karya terbarunya; “Cozy.”

Track “Cozy” bercerita tentang bagaimana Basboi menyikapi kehidupan yang harus ia hadapi dan betapa bersyukurnya ia dengan segala kenyamanan dalam hidupnya; mulai dari bertutur kata perihal kampung halaman di Medan hingga perasaan terhadap realita sekarang.

“Cozy” tersusun atas dentuman contrabass yang menimbulkan nuansa vintage pada beberapa bagian lagu (terutama di bagian intro) dan mengingatkan pendengar kepada musik-musik jazz-klasik pengiring film Whiplash sebelum berubah menjadi hip hop elektronik dengan aroma modern di bagian hook dan verse.

Lagu berdurasi 3 menit sekian detik ini menunjukan kemampuan Basboi dalam meramu adonan hip hop yang fresh. Sebagai pengingat, “Cozy” akan masuk dalam mini album Basboi bertajuk Night Drive yang rencananya rilis pada tahun ini.whiteboardjournal, logo

Tags