Beach House dan Memorabilia Tentang Kennedy

17.06.17

Beach House dan Memorabilia Tentang Kennedy

by Febrina Anindita

 

Teks oleh Muhammad Faisal
Foto dari Stereogum

Dibentuk pada tahun 2004, Beach House perlahan menapaki jalan keberhasilan yang teratur. Duo yang digawangi oleh Victoria Legrand dan Alex Scally ini bisa dibilang konsisten dalam merilis karya. Jika Anda perhatikan sejak 2006—katakanlah tiap dua tahun sekali—mereka pasti mengeluarkan album; mulai dari Beach House (2006), Devotion (2008), Teen Dream (2010), Bloom (2012), hingga Depression Cherry serta Thank Your Lucky Stars yang dilepas bersamaan di 2015.

Hampir keseluruhan album mendapatkan respon positif; kecuali Bloom yang agak kehilangan arah dan beruntung diselamatkan hadirnya track bernilai tinggi macam “The Hours” atau “Other People.” Tak kaget memang karena Beach House senantiasa berpegang teguh pada prinsip mematenkan dream pop yang elegan dan tak tergoda memindahkan haluan genre untuk sebatas menjustifikasi kemampuan.

Sampai akhirnya di tahun 2017, mereka kembali mengeluarkan rilisan dalam bentuk kompilasi bertajuk B-Side and Rarities yang rencananya dipublikasikan 30 Juni mendatang. Terdapat sepasang komposisi baru yang salah satunya berjudul “Chariot.” Bagian menarik, dalam video musik “Chariot”, Beach House mengangkat montase mengenai keluarga Kennedy dan pelbagai footage perjalanan dinas maupun rekreasi presiden fenomenal Amerika Serikat tersebut.

Vokal Victoria memenuhi ruang imajinasi dengan pengaturan loop yang sedemikian rupa. Ritme berjalan lambat seolah The Beach House menyediakan waktu kepada penonton untuk menyaksikan babak demi babak seorang Kennedy. Pelan, pelan, dan pelan layaknya cerita pengantar tidur yang dipaparkan malam hari. Tanpa kita sadari, di bawah atap gedung sinema dan layar proyektor, Beach House berhasil menyentuh sisi emosional perihal kehilangan. whiteboardjournal, logo

Tags