Quick Review: Yellow Submarine

Film
20.11.17

Quick Review: Yellow Submarine

Pepperland, negeri yang penduduknya mencintai musik, diserang oleh Blue Meanies, makhluk-makhluk aneh yang membenci musik.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ibrahim Soetomo
Foto: MUBI

The Beatles merupakan salah satu pelopor genre psychedelic dalam ranah musik populer. Eksperimentasinya mencapai puncak pada 1967-1969. Periode ini melahirkan salah satu lagu ikoniknya, yaitu “Yellow Submarine,” yang secara tematis memuat konten-konten fantasi dan berbeda dari musik-musik sebelumnya. Terinspirasi dari musik The Beatles, sutradara George Dunning merealisasikan keseluruhan konsep lagu tersebut menjadi film animasi yang memukau dengan judul yang sama.

Film ini menceritakan Pepperland, sebuah negeri di bawah laut yang penduduknya senang untuk bermusik. Dari kejauhan, Pepperland diserang oleh Blue Meanies, sekumpulan makhluk berwarna biru yang membenci musik. Blue Meanies menyerang seluruh penghuni Pepperlanders, tapi pelaut Old Fred selamat. Ia kabur dengan Yellow Submarine, lalu pergi ke Liverpool untuk meminta pertolongan Ringo Starr, John Lennon, Paul McCartney dan George Harrison. Kelimanya berpetualang kembali ke Pepperland melewati dunia-dunia yang fantastis.

Film ini memang menceritakan bagaimana The Beatles menyelamatkan Pepperland, tetapi petualangan para Fab Four selama menuju Pepperland juga perlu disimak. Salah satu adegan paling menarik adalah ketika The Beatles mengunjungi Sea of Holes dengan visual berupa ruang putih dengan jejeran lubang-lubang hitam yang tak terhingga jumlahnya. Setiap lubang memiliki dimensi yang berbeda-beda, sehingga mereka bisa keluar masuk dengan arah dan ukuran yang berlainan.

Dikarenakan film ini adalah fantasi-musikal, aspek lain yang perlu dicatat tentu adalah musiknya. Soundtrack film ini memuat lagu-lagu The Beatles mulai dari “Eleanor Rigby”, “Lucy in the Sky with Diamonds” hingga “Hey Bulldog.” Semua lagu yang dimuat dalam soundtrack diciptakan pada periode psychedelic The Beatles, hal tersebut menunjang nuansa fantasi pada film ini.

“Yellow Submarine” terbukti menjadi salah satu film yang berhasil mencapai puncak eksperimentasi genre psychedelic. Cerita fantastis, makhluk-makhluk aneh dan warna-warna terang, menjadikan film ini suguhan yang apik; tepat ditonton di waktu-waktu relaks.

Quick Review Yellow Submarine: 5/5

Yellow Submarine (1968)
Sutradara: George Dunning
Sinopsis: Pepperland, negeri yang penduduknya mencintai musik, diserang oleh Blue Meanies, makhluk-makhluk aneh yang membenci musik. Lord Mayor Pepperland menugaskan pelaut Old Fred untuk meminta pertolongan The Beatles (John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, Ringo Starr). Para Fab Four pergi Yellow Submarine menuju Pepperland, melewati petualangan yang fantastis.whiteboardjournal, logo

Tags