Quick Review: I’m Not There

Film
04.12.17

Quick Review: I’m Not There

Kisah hidup musisi Bob Dylan diceritakan melalui 7 persona dalam narasi non-linear.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ibrahim Soetomo
Foto: Rotten Tomatoes

Bob Dylan merupakan seorang musisi yang kaya akan karakter. Dalam jenjang karirnya, ia selalu memiliki visi dan alter ego yang berubah-ubah. Menampilkan film biografi Bob Dylan melalui satu aktor akan membosankan, dan inilah yang coba ditantang oleh sutradara Todd Hayne dalam film “I’m Not There.”

Film ini menggambarkan 7 persona Bob Dylan, yaitu penyair Arthur Rimbaud (Ben Wishaw), bocah Afrika-Amerika pecinta folk blues Woody Guthrie (Marcus Carl Franklin), musisi folk Jack Rollins/Pastor John (Christian Bale), musisi folk rock Jude Quinn (Cate Blanchett), aktor Hollywood Robbie Clark (Heath Ledger) dan seorang buronan Billy McCarty (Richard Gere).

Setiap persona menggambarkan beberapa periode dalam hidup Bob Dylan. Tokoh Jack Rollins menceritakan Bob Dylan di awal karirnya sebagai musisi folk, sedangkan Robbie Clark menggambarkan hubungan penuh tekanan antara Bob Dylan dengan istri pertamanya, Sara Dylan.

Ketujuh kisah dalam “I’m Not There” diceritakan melalui narasi non-linear. Setiap adegan memotong adegan sebelumnya. Narasi saling potong ini menciptakan kontras yang membuat film ini menarik untuk disimak sampai akhir. Jika penonton merupakan seorang fan Bob Dylan dan semua hal tentang 1960-an, film ini akan mudah ditangkap dan tentunya ikut bernyanyi ketika lagu-lagu Bob Dylan dimainkan.

Quick Review I’m Not There: 4/5

I’m Not There (2007)

Sutradara: Todd Haynes
Sinopsis: Kisah hidup musisi Bob Dylan diceritakan melalui 7 persona dalam narasi non-linear; penyair Arthur Rimbaud, bocah Afrika-Amerika Woody Guthrie, musisi folk Jack Rollins/Pastor John, musisi folk rock Jude Quinn, aktor Hollywood Robbie Clark dan buronan Billy McCarty.whiteboardjournal, logo

Tags