Street Dealin XI

Art
06.12.17

Street Dealin XI

Street Dealin XI akan di adakan selama 5 hari di Gudang Sarinah Ekosistem, dimulai dari tanggal 12-18 Desember 2017.

by Febrina Anindita

 

Teks: Amelia Vindy

Maraknya berbagai macam coretan yang kerap ditemui pada jalanan ibu kota maupun daerah merupakan sebuah gambaran bagaimana street art telah menjadi bagian dari budaya populer hari ini. Meskipun tidak diakui secara resmi, pergerakan dan geliat yang mulai ramai sejak tahun 2004 ini sangat sulit untuk tidak mendapatkan perhatian khusus, terlepas dari seperti apa bentuk, maksud dan tujuan dari pelakunya. Apa yang terlihat di sudut-sudut atau pun tembok-tembok bangunan sebenarnya adalah buah ekspresi yang tidak jarang menyiratkan sebuah makna.

Berangkat dari kesamaan hobi dan ketertarikan, pada tahun 2010 beberapa pelaku graffiti yang awalnya tergabung pada komunitas street art Artcoholic membuat sebuah artspace bernama Gardu House. Tujuan dibuat ruang ini adalah untuk memenuhi ketersediaan tempat berkarya, transaksi dan ruang pamer bagi para street artist yang terus berkembang hingga hari ini. Pada praktiknya, Gardu House tidak hanya menyediakan ruang aktivitas namun juga menginisiasi sebuah perhelatan bernama Street Dealin untuk memperluas dan menjaring para street artist lokal hingga internasional.

Tahun ini Street Dealin kembali untuk ke 11 kalinya, masih dengan misi yang sama yakni memberikan ruang temu bagi para pelaku hingga penikmat street art dengan menghadirkan sajian-sajian eksklusif yang dapat meningkatkan minat terhadap street art ataupun graffiti. Nama-nama internasional yang turut berpartisipasi pada tahun ini di antaranya, Slider (DE), Bonzai (UK), Caparaso (DE) dan Treze (UK). Dalam rangkaiannya, Street Dealin XI akan di adakan selama 5 hari di Gudang Sarinah Ekosistem, dimulai dari tanggal 12-18 Desember 2017. Nantinya perhelatan ini juga kerap menghadirkan bazaar yang memperjual-belikan produk-produk yang masih berhubungan dengan dunia street art, live painting hingga pertunjukan musik dari para punggawa hip hop ldan DJ lokal.

Street Dealin XI
12-19 Desember 2017

Gudang Sarinah Ekosistem
Jakartawhiteboardjournal, logo