Kejutan dari Irina Rozovsky

Art
27.12.17

Kejutan dari Irina Rozovsky

Seorang fotografer asal Rusia, Irina Rozovsky menjelajahi hampir seluruh negara di dunia, menyampaikan berbagai cerita dari Yugoslvia, Kuba, Israel bahkan Rusia lewat karya-karya fotonya.

by Febrina Anindita

 

Teks: Anindita Salsabila
Foto: It’s Nice That

Elemen kejutan pada fotografi ternyata tidak hanya muncul dengan menggunakan kamera film analog. Seorang fotografer asal Rusia, Irina Rozovsky menjelajahi hampir seluruh negara di dunia, menyampaikan berbagai cerita dari Yugoslvia, Kuba, Israel bahkan Rusia lewat karya-karya fotonya.

Dalam melancarkan teknik-teknik kamera yang ia kuasai, hasilnya hampir tidak pernah memberikan kesan terburu-buru atau dipaksakan. Berdasarkan berbagai tempat yang pernah ia kunjungi, Rozovsky mempelajari letak geografis guna memberikan kesan hidup terhadap masing-masing lokasi.

Dengan mata jeli, makna yang terkandung pada fotonya bisa memberikan kesan berupa rasa nyaman seperti di rumah atau tempat tinggal dengan ruang gerak yang terbatas. Menurutnya, karya foto awalnya dibuat secara sederhana – tetapi dengan sisipan elemen kejutan pada setiap foto membuat sang fotografer bertanya-tanya arti karya foto itu sendiri. Pada akhirnya, memang tidak ada arti konkret pada sebuah foto – melainkan hanya nilai estetika visual dan karisma yang dipancarkannya.whiteboardjournal, logo