IKEA dan Space10 Merancang Makanan untuk Masa Depan

Design
24.03.18

IKEA dan Space10 Merancang Makanan untuk Masa Depan

Space10 – sebuah lab research dan inovasi yang didirikan oleh IKEA – merancang beragam makanan futuristik yang dapat disantap oleh penduduk dunia di masa depan.

by Febrina Anindita

 

Teks: Vania Almira
Foto: Dezeen

Populasi penduduk dunia yang semakin padat jumlahnya memang cukup mengkhawatirkan dan mengancam. Melalui sebuah studi, UN memprediksi bahwa permintaan atas kebutuhan makanan akan meningkat hingga 70% dalam 35 tahun ke depan, juga akan memberikan dampak lingkungan yang berpengaruh pada produksi daging. Merespon hal ini, Space10 – sebuah lab research dan inovasi yang didirikan oleh IKEA – merancang beragam makanan futuristik yang dapat disantap oleh penduduk dunia di masa depan.

Adapun beragam makanan yang dikembangkan ini berasal dari berbagai bahan yang dapat dibudidayakan secara berkelanjutan ataupun berupa produk sampingan dari rantai produksi yang sudah ada. Seperti The Bug Burger yang terdiri dari roti yang terbuat dari akar bit, ubi jalar, kentang, serta bahan yang paling mengejutkan, yakni ulat hongkong (mealworms). Selain itu, Space10 juga menciptakan The Dogless Hotdog dengan sosis vegetarian yang terbuat dari wortel muda yang sudah dikeringkan serta roti yang terbuat dari ganggang laut. Sebenarnya, kedua makanan ini memang khusus dibuat untuk menarik perhatian para pecinta daging dan vegetarian. Tak hanya itu, mereka juga memiliki pilihan salad dan makanan penutup berupa es krim yang terbuat dari microgreens.

Mungkin memang bahan-bahan ini dianggap menjijikan bagi kebanyakan orang, namun Space10 paham bahwa memang pasti ada kesulitan dalam mendorong orang untuk mengubah pandangan mereka terhadap makanan. Dengan hal ini, Space10 mencoba membuat makanan yang tak hanya manis dipandang mata, tapi juga memiliki rasa yang enak dan manfaat penting bagi masyarakat dunia.whiteboardjournal, logo

Tags