Akademi Ini Berusaha untuk Meyakinkan Bahwa Drone Punya Fungsi Lebih dari Foto Pemandangan dan Selfie

Media
26.03.18

Akademi Ini Berusaha untuk Meyakinkan Bahwa Drone Punya Fungsi Lebih dari Foto Pemandangan dan Selfie

Drone merupakan suatu teknologi yang cukup populer belakangan ini. Namun, di sebuah negara di benua Afrika, Pantai Gading (Ivory Coast), drone digunakan sebagai sarana untuk menginspeksi infrastruktur di negara tersebut.

by Febrina Anindita

 

Teks: Lintang Prasetyo
Foto: The New Age

Drone merupakan suatu teknologi yang cukup populer belakangan ini. Namun, di sebuah negara di benua Afrika, Pantai Gading (Ivory Coast), drone digunakan sebagai sarana untuk menginspeksi infrastruktur di negara tersebut. Untuk meminimalisir biaya inspeksi infrastruktur, sebuah perusahaan yang menangani sumber daya listrik di Pantai Gading bernama CIE (Ivorian Electricity Company) membuat “akademi drone” yang bertujuan untuk melatih kurang lebih 20 pilot drone agar dapat mengoperasikan teknologi tersebut.

Dengan menggunakan drone, biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan oleh menggunakan helikopter. Jika biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan helikopter dapat mencapai kurang lebih 500.000 Euro per jamnya, dengan menggunakan drone biaya yang digunakan hanya sekitar 2.000 sampai 10.000 Euro. Selain itu, seorang pilot yang menangani program pelatihan penggunaan drone di CIE bernama Benjamin Mathon menyatakan bahwa drone membantu untuk menganalisa jangkauan yang lebih luas dengan waktu yang lebih singkat.

Seperti yang diketahui, penggunaan drone selama ini umumnya digunakan untuk kepentingan fotografi dan videografi, namun jika melihat apa yang dilakukan CIE, teknologi ini sangat membantu melakukan hal-hal seperti inspeksi tersebut. Sudah kiranya, kini, pemanfaatan teknologi drone bisa digunakan untuk kepentingan yang lebih besar.whiteboardjournal, logo

Tags