Dari Ahmad Rizzali Sampai Owi Liunic, Ini Deretan Emerging Artist Indonesia

Ideas
25.04.18

Dari Ahmad Rizzali Sampai Owi Liunic, Ini Deretan Emerging Artist Indonesia

Dengan semangat yang kuat dan ide-ide yang segar, para emerging artist memiliki potensi besar dalam perjalanan kreatifnya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Livina Veneralda

Foto: Various

Di dunia kreatif Indonesia, khususnya seni rupa, emerging artist kerap bermunculan dari waktu ke waktu. Dengan semangat yang kuat dan ide-ide yang segar, para emerging artist memiliki potensi besar dalam perjalanan kreatifnya. Berikut ini beberapa emerging artist yang harus dikenali.

Foto: Street Stage Bandung

Ahmad Rizzali

Ahmad Rizzali, atau Djali, memiliki gaya ilustrasi yang raw. Teknik ilustrasinya terinspirasi dari gaya komik-komik zaman dahulu dengan fokus terhadap inking. Ia sudah menjadi ilustrator untuk beberapa band rock Indonesia serta beberapa acara musik lokal. Maka dari itu, wajar jika Ahmad Rizzali sukses menghasilkan karya yang unik.

Foto: Qubicle

Agung Budi

Ilustrasi-ilustrasi Agung Budi, atau Gunkbudi, dapat dikatakan humoris. Ia biasa membuat parodi dari brand-brand dengan konteks lokal yang jenaka. Berangkat dari keunikannya tersebut, kini ia telah berkolaborasi dengan beberapa band terkenal mulai dari Mooner, hingga Kelompok Penerbang Roket, juga brand terkenal asal Jakarta, Kamengski.

Muklay

Gaya visual Muklay sudah mulai dikenal banyak orang, yaitu makhluk-makhluk aneh yang digambar dengan warna-warna terang dan dekoratif. Karyanya juga tidak terbatas di satu media saja, ia sering membuat  ilustrasi hingga mural di ruang publik. Foto ini adalah visual khas Muklay yang pastinya mudah untuk dikenali.

Foto: Indoartnow

Sarita Ibnoe

Sarita Ibnoe memang lebih dikenal sebagai seorang pelukis, tapi ia juga merupakan seniman ragam disiplin. Karya-karyanya mengeksplorasi ragam media, salah satunya aksi melukis di cermin hingga weaving. Hal ini membuktikan kalau emerging artist selalu haus akan inovasi dan pencarian akan sesuatu yang baru.

Foto: Indoartnow

Wangsit Firmantika

Wangsit Frimantika adalah seniman muda dengan gaya nyentrik dan berbagai karya yang unik. Ia biasanya mengeksplorasi karya instalasi secara estetik dengan barang-barang keseharian yang penuh warna. Seniman ini penuh potensi dengan karya-karya selanjutnya yang selalu ditunggu dengan antusias.

Foto: Topsy One

The Ayankz

The Ayankz paling bisa menertawakan keseharian. Karya-karyanya mengilustrasikan budaya populer yang terjadi di sekitar kita dengan satir dan parodi. Kini, gaya visual The Ayankz yang sederhana menjadi ciri khasnya.

Ruth Marbun

Melihat karya-karya Ruth Marbun, yang terlintas di benak banyak orang pastilah nilai ekspresi dan spontanitasnya. Ia gemar melukis figur dengan warna-warna terang dan pastel, hal inilah yang kemudian menjadi daya tarik tiap karyanya.

Foto: Behance

Ahmad Muarif

Ahmad Muarif adalah seorang ilustrator dan motion graphic artist. Karyanya juga banyak terinspirasi oleh skena street art dan skateboard. Ia sudah berkolaborasi dengan beberapa band di Indonesia karena karya motion graphic-nya. Selain itu, Ahmad Muarif juga merupakan salah satu finalis Go Ahead Challenge 2016.

Foto: Vimeo

Owi Liunic

Owi Liunic mengeksplorasi karya ilustrasi dan animasi. Gaya visualnya yang khas akan figur-figur dan pemilihan warna yang soft membuatnya seorang emerging artist yang penuh potensi. Hal ini kemudian membuatnya terpilih menjadi salah satu finalis Go Ahead Challenge 2016.whiteboardjournal, logo