Menyambut “Isle of Dogs” dengan Mengenal Sang Sutradara, Wes Anderson

Ideas
26.04.18

Menyambut “Isle of Dogs” dengan Mengenal Sang Sutradara, Wes Anderson

Mari kenali sederet fakta tentang Wes Anderson yang patut diketahui.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vania Almira

Foto: The Talks

Nama Wes Anderson memiliki kekuatan tersendiri di dunia film maupun pop culture. Berkat karakter sinematografi hingga palet warna yang ia pakai, tiap karya yang ia hasilkan dipastikan mampu membuat penonton terkesan. Mulai dari “Bottle Rocket”, “The Royal Tenenbaums”, “Moonrise Kingdom” dan “The Grand Budapest Hotel” berhasil meraih sejumlah penghargaan. Tahun ini, Anderson kembali hadir dengan film animasi terbarunya “Isle of Dogs” dan untuk menyambut film ini, mari kenali sederet fakta tentang Wes Anderson yang patut diketahui.

Menghadirkan peranan ayah pada karakter

Melalui sederet karyanya Anderson selalu menghadirkan cerita yang menggambarkan sebuah hubungan antara anak dan seorang ayah. Dalam tiap ceritanya Anderson menekankan pembangunan karakter dari absensi seorang ayah terhadap keluarganya. Faktanya, kedua orang tua Anderson telah bercerai sejak ia masih berumur 10 tahun, dimana hal ini justru menginspirasi dirinya untuk berkarya.

Memusatkan pria sebagai pemeran utama

Tanpa ada alasan tertentu Anderson selalu memiliki pola dasar tersendiri untuk karya-karyanya, yakni selalu menjadikan pria sebagai pemeran utama pada film. Adapun karakter pria tersebut selalu memiliki sifat yang agak aneh, namun tetap karismatik. Karisma dan percaya diri dalam karakter pemeran utama ini selalu membuat keburukan mereka tertutupi.

Pemilihan palet warna yang selaras

Salah satu karakter yang sangat melekat pada diri Andreson ialah teknik pemilihan palet warna yang presisi. Dalam satu adegan, Anderson selalu memiliki 4 hingga 5 warna dasar yang dibuat senada dengan desain, latar belakang, hingga kostum yang membuat filmnya terlihat seperti buku cerita anak-anak, dimana ia menekankan esensi keindahan didalamnya. Hal ini terlihat pada warna ungu dan pink yang dominan pada film “The Grand Budapest Hotel” ataupun warna coklat dan kuning yang mencolok pada “Fantastic Mr Fox”.

Teknik sinematografi yang khas

Tak hanya palet warna yang khas, Anderson juga selalu menampilkan detail teknik sinematografi yang konsisten seperti tracking shots, pengambilan gambar dari atas, menghadirkan properti yang menampilkan judul film dalam salah satu adegan, adegan karakter menggambar sebuah rencana dengan konsep peta, hingga adegan menulis pada kertas. Selain itu, Anderson juga terkenal dalam menyisipkan teknik slow-motion pada adegan penutup di filmnya. Faktanya, “The Grand Budapest Hotel” merupakan satu-satunya film yang tidak disajikan dengan teknik slow-motion di dalamnya.

Wajah familiar dalam film

Tak hanya Owen Wilson yang jarang absen dari film-filmnya sejak menekuni studi bersama dan menggarap naskah film pertama Anderson, yakni “Bottle Rocket” di tahun 1996, Anderson selalu mempekerjakan beberapa temannya dalam film. Adapun wajah-wajah seperti Bill Muray, Jason Schwartzman, Edward Norton, Tilda Swinton, Willem Dafoe, dan the Wilson Brothers kerap hadir dalam beberapa filmnya.

 whiteboardjournal, logo