Mengenal Sosok Di Balik Gagasan Pameran: Kurator

Ideas
06.05.18

Mengenal Sosok Di Balik Gagasan Pameran: Kurator

Sosok yang mengamati dan menganalisis perkembangan seni rupa, hingga mempertimbangkan, menyeleksi, mengumpulkan objek-objek apa saja yang akan dipamerkan pada sebuah pameran.

by Ghina Sabrina

 

Foto: Sarasota Herald Tribune

Istilah kurator berasal dari bahasa Yunani yang bisa diartikan sebagai merawat dan menyembuhkan (cure) dan peduli (care). Sedangkan dalam The Concise Oxford Thesaurus (1995) diartikan sebagai orang yang menangani pekerjaan yang punya hubungan dengan pemeliharaan, memperhatikan, menjaga, membenahi hingga menyuguhkan kembali sebuah artefak/objek. Sebelumnya, kegiatan mengurasi pertama kali dilakukan pada museum-museum non seni rupa di negara Eropa dan Amerika utara, saat itu kurator bekerja sebagai penata koleksi museum. Namun seiring berjalannya waktu, pekerjaan kuratorial kemudian akhirnya merambah ke ranah seni rupa.

Kurator adalah orang yang mengerjakan kegiatan yang berhubungan dengan memelihara dan menjaga juga mengawasi aktivitas pameran seni rupa yang di mulai dengan persiapan, pelaksanaan, pemasaran hingga pameran selesai. Selain itu, tugas seorang kurator dalam seni rupa juga meliputi kegiatan seperti mengamati dan menganalisis perkembangan seni rupa, tidak hanya itu, tetapi juga ikut mempertimbangkan, menyeleksi, mengumpulkan menata hingga menentukan objek-objek apa saja yang akan dipamerkan pada sebuah pameran.

Peran kurator menjadi sangat penting karena memiliki tanggung jawab yang besar hampir di segala aspek. Kurator bisa diibaratkan sebagai seorang produser sekaligus sutradara di dunia film. Seniman bisa membuat karya yang menurutnya luar biasa, tapi seandainya sang kurator tidak setuju untuk menampilkannya dalam pameran, karya itu tidak akan dipamerkan.

Dengan kata lain, kurator bisa juga dianggap sebagai jembatan yang menghubungkan karya dari para seniman dengan masyarakat. Kurator juga harus mampu menyampaikan atau menyalurkan makna pameran kepada audiens lewat karya-karya hasil kurasinya. Ada beberapa jenis kurator diantaranya: Kurator independen (independent curator), kurator pendamping (co-curator), kurator wakil negara (country curator), kepala kurator (chief curator), kurator museum dan kurator galeri seni.

Tak jarang profesi ini kurang diketahui banyak orang, namun peranan penting dari seorang kurator seshungguhnya mampu merumuskan gagasan dari sebuah karya seni untuk kemudian dimengerti oleh publik dalam konteks tertentu. whiteboardjournal, logo