Perusahaan Film Negatif Asal Surabaya Elka Menggelar Pameran Arsip

Art
11.05.18

Perusahaan Film Negatif Asal Surabaya Elka Menggelar Pameran Arsip

Bertempat di C2O Library & Collabtive, Surabaya, gelaran eksibisi ini akan menampilkan arsip-arsip yang diambil dari awal perjalanan usaha dan karya Elka hingga masa sekarang ini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Carla Thurmanita
Foto: Fanrong Studios

Perusahaan Klise Elka bekerja sama dengan Fanrong Studios selaku penanggungjawab akan menggelar sebuah acara pameran arsip yang bertajuk “Kwalitet Istimewa” pada tanggal 10 – 31 Mei mendatang. Bertempat di C2O Library & Collabtive, Surabaya, gelaran eksibisi ini akan menampilkan arsip-arsip yang diambil dari awal perjalanan usaha dan karya Elka hingga masa sekarang ini.

Perusahaan klise ini sendiri didirikan sejak tahun 1949 dengan nama Elka (L.K.) yang sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Lie Kam Hong, generasi pertama yang membawa keahlian pembuatan klise dari Hong Kong ke Indonesia. Sampai saat ini usahanya pun masih terus dikelola oleh pihak keluarga. Tidak banyak yang berubah dari bengkel kerja Elka sendiri, dari ruang gelap tempat desain gambar klise dibuat, alat pres dan pemotong plat aluminium seadanya, hingga beberapa komputer tua yang mungkin sudah lama berhenti beroperasi – semuanya menjadi satu kumpulan ‘koleksi’ tua.

Pameran arsip “Kwalitet Istimewa” ini dibuat menjadi locum memoriae, sebuah gelaran penuh memori yang dirangkum dalam bentuk desain label berwarna cerah, etiket produk, desain grafis, dan penjelajahan tipografi vernakular. Siapapun yang datang akan diberikan kesempatan untuk melihat gambaran Surabaya lama melalui perspektif jalan ekonomi rakyat yang tumbuh di masa lalu, dan pendalaman terhadap isu hak cipta karya yang masih belum terlalu banyak dipahami. Diharapkan dari arsip-arsip ber-kwaliteit istimewa ini, semua yang datang pada akhirnya bisa menelusuri sejarah sekaligus mendapatkan sesuatu yang baru dari itu.

 whiteboardjournal, logo