Bicara Desain dan Kolaborasi Antar Disiplin di Surabaya Design Summit 2018

Art
11.05.18

Bicara Desain dan Kolaborasi Antar Disiplin di Surabaya Design Summit 2018

Di acara yang keenam, Surabaya Design Summmit mengangkat tema “Inter-Lokal” untuk menjelajahi gagasan mengenai keterhubungan dan jaringan.

by Ghina Sabrina

 

Foto: Surabaya Design Summit

Sampai saat ini, masih banyak yang mengira bahwa desain hanyalah sebatas isu pengemasan visual dan estetika yang merupakan sesuatu yang superfisial. Padahal mendesain sebetulnya mencakup proses merancang suatu produk yang mencakupi banyak hal. Seorang desainer tidak melulu fokus hanya pada satu hal melainkan banyak aspek seperti branding, interaksi, antarmuka (interface), web analisis dan visualisasi data, infrastruktur, penelitian dan pengembangan, immersive exprience, sustainable design, dan masih banyak lagi. Secara singkat, desain pastinya merambah hampir setiap aspek aktivitas manusia, mulai dari bisnis, politik, hingga sains, pendidikan dan pembuatan kebijakan.

Maka dari itu, dibutuhkan adanya ruang untuk membahas praktek desain dengan kritis agar dapat memahami lebih lanjut rangkaian aspek yang terlibat dalam proses tersebut. Terlebih dari itu, topik desain pun sudah sangat relevan karena di Surabaya–dan di banyak kota lainnya–terjadi pertumbuhan pesat sekolah desain dan industri kreatif.

“Surabaya Design Summit” (SDS) pun hadir sebagai wadah untuk berbagi informasi dan pengetahuan, bertukar pikiran dan pendapat sebagai upaya membangun pemahaman kritis atas berbagai praktik desain dalam kaitannya dengan dinamika sosial, budaya, ekonomi, teknologi, politik, dan ekologi lebih besar. Sebagai perhelatan keenam, SDS mengangkat tema “Inter-Lokal” untuk menjelajahi gagasan mengenai keterhubungan dan jaringan. Untuk merespon tema ini, sesi diskusi panel dan meja bundar (roundtable) SDS digelar selama 10 Mei 2018 hingga Sabtu, 12 Mei 2018. Akan ada 10 sesi yang mencakup topik-topik seperti inter glo-cal representation, Rethinking Work & Labour in Digital Age, Women in art, design, and technology collectives, Advancing glo-cal design power, dan banyak lagi. Selain itu, ada pula ragam acara lainnya seperti kuliah tamu, Wikipedia edit-a-thon, dan lokakarya. Acara ini tidak eksklusif hanya untuk desainer saja.

Jika ingin hadir, Anda dapat membeli tiketnya di sini.

Surabaya Design Summit 2018: Inter-Lokal

10 – 12 Mei 2018

C20 library & collabtive, Jl. Dr Cipto No. 22, Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Kristen Petra
Goethe Haus (Wisma Jerman), Jl. Taman AIS Nasution no. 15, Surabaya
ARA Studio, Jl. Trunojoyo no. 91, Surabayawhiteboardjournal, logo