Ini Talking Points Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Nonton NBA Finals Tahun Ini

Sports
31.05.18

Ini Talking Points Yang Perlu Kamu Ketahui Untuk Nonton NBA Finals Tahun Ini

Dalam setiap game tentunya terdapat banyak kejutan yang membuat fans NBA geleng-geleng kepala, kira-kira apa saja yang akan terjadi di NBA Finals tahun ini?

by Whiteboard Journal

 

Teks: Avi Amerta
Foto: slamonline.com

Setelah melalui musim Playoff yang menegangkan dan tak mudah diprediksi, dunia basket akan kembali melihat Cleveland Cavaliers dan Golden State Warriors berhadapan dengan satu sama lain di NBA Finals selama 4 tahun berturut-turut. Dalam tiap game tentunya terdapat banyak kejutan yang membuat fans NBA geleng-geleng kepala, kira-kira apa saja yang akan terjadi di NBA Finals tahun ini? 

Berapa banyak waktu yang dimiliki LeBron James?

Cleveland Cavaliers memang mendominasi lapangan, tapi saat kita berbicara mengenai performa luar biasa Cleveland Cavaliers dalam suatu game, yang kita bicarakan sebenarnya adalah LeBron James. Musim ini, James telah bermain dalam semua game Cleveland Cavaliers dengan total 82 game. Namun beban yang ia hadapi pun belum berhenti, di usia 33 tahun, LeBron James telah bermain selama 54,168 menit, dan di Game 7 dalam Eastern Conference Finals sendiri, LeBron bermain sebanyak 48 menit – membawa kita pada pertanyaan, berapa waktu yang dimiliki LeBron James untuk melawan Warriors dalam NBA Finals? Akankah terjadi penurunan performa bintang Cleveland Cavaliers ini?

Cleveland Cavaliers patut belajar dari Houston Rockets

Performa Houston Rockets ini memberikan rasa bahwa Golden State Warriors dapat terkalahkan. Strategi defense dan game Houston Rockets secara keseluruhan melemahkan Golden State Warriors dan memposisikan Rockets pada keunggulan sebelum akhirnya dikalahkan oleh Warriors dalam Game 7. Strategi inilah yang membuat Warriors menjadi waspada dan inilah yang harus dipelajari Cleveland Cavaliers jika ingin unggul atas Warriors dalam NBA Finals yang akan datang.

Absennya Andre Iguodala dari Golden State Warriors

Meski banyak pemain-pemain unggulan seperti Kevin Durant, Steph Curry, Klay Thompson dan Draymond Green dalam Warriors, salah satu kelemahan bagi tim ini adalah absennya Andre Iguodala dalam 4 game berturut-turut akibat cedera yang dialaminya. Karena hal ini, pelatih Warriors Steve Kerr pun memberikan waktu bermain lebih untuk rookie seperti Jordan Bell dan Kevon Looney, bahkan Nick Young. Kurangnya pertahanan pada sayap Warriors dapat menempatkan Warriors pada posisi yang kurang menguntungkan, meski jika dilihat dari kekuatan tim Cleveland Cavaliers saat ini juga sedang tidak berada dalam posisi yang unggul.

Meski musim ini kita melihat titik kelemahan LeBron James dalam sepanjang karirnya, musim ini dapat terlihat juga skill pemain-pemain Cavaliers lain seperti George Hill, Larry Nance Jr., dan Tristan Thompson yang dapat menempatkan Cleveland Cavaliers pada posisi unggul. Meski begitu, Cleveland Cavaliers nyaris tidak bisa bertahan pada Game 7 melawan Boston Celtics walaupun LeBron James bermain dalam tiap menit dari game tersebut sehingga Cleveland Cavaliers harus tetap waspada dalam melawan Warriors dalam final nanti.

Musim ini memang musim yang tidak dapat di prediksi, dan walaupun ini merupakan tahun keempat kita akan menyaksikan Golden State Warriors berhadapan kembali dengan Cleveland Cavaliers, NBA Finals tahun ini pun menjadi finals yang tidak dapat diprediksi. Temukan hasilnya di Game 1 NBA Finals hari Jumat ini jam 08.00 pagi.whiteboardjournal, logo