Places to Go: Bari-Uma Ramen

Culinary
16.06.18

Places to Go: Bari-Uma Ramen

Selain ramen, tempat ini juga menyajikan beragam menu lain, mulai dari abura soba, yakitori, sampai clay-pot rice.

by Ghina Sabrina

 

Foto: Moses Sihombing

WHERE

Daerah Sudirman memang dikenal sebagai salah satu kawasan pusat bisnis di Jakarta Pusat. Dengan banyaknya perkantoran di daerah tersebut, tentu akan muncul beragam tempat makan yang berperan sebagai tempat makan siang maupun tempat berkumpul sepulang kantor. Citywalk Sudirman merupakan salah satu mal dengan tempat makan yang beragam. Di antara banyaknya tempat makan, di lantai 2 terdapat Bari-Uma Ramen yang tampak jelas dengan interior bernuansa Jepang.

WHY

Selain memiliki banyak atribut Jepang, di bagian depan Bari-Uma Ramen tertulis bahwa tempat makan ini menyajikan ramen paling enak di Indonesia. Pernyataan tersebut didukung oleh penghargaan yang menyatakan bahwa tempat ini merupakan tempat ramen terbaik di Jakarta tahun 2017 lalu. Sebelum hadir di Jakarta, Bari-Uma Ramen didirikan di tahun 2003 di Hiroshima, Jepang. Nama dari tempat makan ini juga memiliki arti super tasty, dari “Bari” yang berarti super, dan “Uma” yang berarti tasty. Semenjak itu, kini Bari-Uma sudah memiliki cabang di 4 negara lain yaitu Singapura, Malaysia, Hong Kong dan Indonesia.

Selain ramen, tempat ini juga menyajikan beragam menu lain seperti abura soba, gyoza, karaage, yakitori, clay-pot rice, dan berbagai daging panggang. Tidak seperti restoran ramen yang lain, mereka memproduksi mie secara fresh setiap harinya di cabang masing-masing. Untuk ramennya, terdapat dua jenis daging yang disediakan yaitu ayam dan babi. Bagi yang tidak mengkonsumsi daging babi dapat memilih ramen dengan chicken-flavored soup. Untuk membedakan makanan yang disajikan dengan mudah, mereka menggunakan warna merah untuk yang mengandung babi dan hitam untuk yang ayam. Begitupun dengan sumpit yang dapat digunakan, terpisah berdasarkan warna.

WHAT

Sebenarnya yang membedakan ragam menu ramen yang disajikan adalah topping dan daging yang terkandung di mangkuk. Untuk ramen, silahkan mencoba Kara-Tama-Uma yang memiliki pork flavored shoyu spicy soup, chashu (potongan daging babi), dan telur. Kalau abura soba, silahkan mencoba Torotama-Abura Soba yang komposisinya mirip dengan ramen tapi tidak berkuah dan ada tambahan irisan jamur dan rumput laut. Jangan lupa juga untuk memesan karaage dan gyoza mereka sebagai makanan pembuka yang tak kalah enak.

Bari-Uma Ramen

Citywalk Sudirman, L1-05,
Jl. KH Mas Mansyur No. 121
Jakarta Pusatwhiteboardjournal, logo