Ribuan Foto Andy Warhol Dirilis ke Publik untuk Pertama Kalinya

Art
14.07.18

Ribuan Foto Andy Warhol Dirilis ke Publik untuk Pertama Kalinya

Koleksi foto tersebut merupakan dokumentasi tahun-tahun terakhir masa hidupnya dimulai dari tahun 1976 hingga 1987

by Ghina Sabrina

 

Foto: It’s Nice That

Pada musim gugur tahun ini, ribuan foto Andy Warhol yang belum pernah dilihat oleh publik sebelumnya akan dirilis. Koleksi foto tersebut merupakan dokumentasi tahun-tahun terakhir masa hidupnya dimulai dari tahun 1976 hingga 1987. Sebagai seorang seniman yang hidup di Amerika Serikat dan dikenal lewat karyanya yang berhubungan dengan pop art dan social standing, Warhol terobsesi dengan mendokumentasikan setiap momen dalam hidupnya, dari tentang para elite di New York hingga dunianya sendiri.

Di tahun 1980, akibat afiliasinya dengan seniman terkenal lainnya, kepopuleran Warhol kembali naik ke permukaan. Oleh karena itu, diary visualnya memperlihatkan gambaran yang intim tentang teman serta kekasihnya, termasuk kekasih terakhirnya yaitu Jon Gould dan seniman lain seperti Michel Basquiat, Michael Jackson dan John Lennon.

Dipimpin oleh Peggy Phelan dan Richard Meyer, dua art professor di Stanford University, California, “the Contact Warhol Project” menerima 3,600 contact sheet dari Andy Warhol Foundation. Warhol sendiri ternyata hanya baru mencetak 17% dari total semua foto-foto yang diambil olehnya, dan foto yang belum tercetak tersebut adalah yang akan dipublikasikan dalam bentuk buku, pameran, dan konsumsi publik. Arsip digitalnya baru akan bisa diakses oleh publik di akhir tahun 2018. whiteboardjournal, logo