Yayoi Kusama Mengisi Gudang di New York dengan 1,500 Bola

Art
22.07.18

Yayoi Kusama Mengisi Gudang di New York dengan 1,500 Bola

“Narcissus Garden” akan tampil pada Rockaway! Arts Festival

by Whiteboard Journal

 

Teks: Salsabila Ramadhani
Foto: Pablo Enriquez

Setelah sukses menggelar Rockaway! Arts Festival pada tahun 2014 dan 2016, MoMA PS1 New York dan Rockaway Artists Alliance kembali berkolaborasi untuk menggelar festival seni tersebut tahun ini. Pada kesempatan ini, MoMA PS1 akan menampilkan sebuah instalasi karya seniman kontemporer legendaris yang berasal dari Jepang, Yayoi Kusama.

Instalasi karya Yayoi Kusama yang ditampilkan pada Rockaway! Arts Festival kali ini adalah “Narcissus Garden”, yang bertempatan di sebuah gudang bekas garasi kereta di Fort Tilden, Rockaways. Intervensi yang akan Kusama berikan pada instalasi site-specific nya kali ini adalah dengan memenuhi gedung dengan 1,500 bola berkaca – yang nantinya akan memantulkan bayangan berupa pemandangan industrial dari gudang Fort Tilden. Instalasi ini pertama kali dibawa ke publik oleh Yayoi Kusama pada tahun 1966 lewat event Venice Biennale yang ke-33 – membuat instalasi ini menjadi salah satu karya Kusama yang paling dikenal oleh dunia.

Rockaway! Arts Festival tahun ini digelar untuk merayakan kebangkitan masyarakat atas dampak yang dihasilkan Hurricane Sandy – angin post-tropical siklon destruktif yang menyapu  pada tahun 2012. Refleksi gudang lusuh yang tampak dari setiap bola berkaca yang ada di Narcissus Garden bertujuan untuk mengingatkan para pengunjung akan kerusakan yang dihasilkan angin mematikan tersebut.

The Narcissus Garden akan dibuka untuk publik di Fort Tilden, New York pada tanggal 1 Juli dan akan berakhir pada tanggal 3 September 2018.whiteboardjournal, logo