Places to Go: Padang Merdeka

Culinary
02.06.18

Places to Go: Padang Merdeka

Restoran yang menawarkan cita rasa asli Bukittinggi dengan konsep yang mengangkat nuansa patriotisme tak hanya dari nama tapi juga desain interiornya.

by Ghina Sabrina

 

Foto: Moses Sihombing

WHERE

Daerah Kota Tua yang melintasi wilayah daerah Jakarta Barat dan Jakarta Utara dikenal sebagai kawasan yang memiliki bangunan klasik dan bersejarah peninggalan kolonial Belanda. Walau kawasan itu identik dengan Taman Fatahillah sebagai tempat wisata sekaligus rumah bagi Musem Fatahillah, tidak jauh dari situ itu, tepatnya di antara Stasiun Jakarta Kota dan Fatahillah, terdapat restoran padang bernama Padang Merdeka dengan papan nama berwarna merah mencolok.

WHY

Sebagai restoran yang menyajikan masakan Padang, Padang Merdeka memiliki konsep yang berbeda dari restoran Padang biasanya karena mempunyai tema yang mengangkat nuansa patriotisme tak hanya dari nama tapi juga desain interiornya. Mulai dari tembok yang dilapisi wallpaper dengan motif berbagai macam batik, lampu langit-langit yang berbentuk peta Indonesia, hingga lukisan berisi figur-figur penting pendiri Indonesia.

Walau begitu, menu yang ditawarkan di sini tidak berbeda dari restoran Padang umumnya. Dengan menggunakan cita rasa asli Bukittinggi, Padang Merdeka ingin memberikan nuansa Padang asli di setiap masakannya. Tapi sebagai tempatnya yang terkesan mewah untuk restoran Padang, harga yang ditawarkan masih tergolong sederhana.

WHAT

Dari banyaknya makanan yang disajikan di meja, memang sulit untuk memilih yang paling enak karena memang relatif. Tersedia berbagai macam daging mulai dari dendeng batoko dengan sambal ijo atau merah, ayam pop, rendang, ayam goreng, dan banyak lagi. Namun, silahkan mencoba gulai kikil mereka dengan kuah gulainya yang sangat creamy dan gurih. Jangan lupa juga memesan kerupuk kulit yang disiram dengan kuah gulai sebagai pelengkap hidangan.

Padang Merdeka

Jl. Lada No.1
Pinangsia, Tamansari, Kota
Jakarta 11110whiteboardjournal, logo