Label Multi Culti Merilis Ulang Trek Klasik “Simi Rapp” oleh Pelopor Hiplife Ghana Gyedu-Blay Ambolley

Music
14.10.18

Label Multi Culti Merilis Ulang Trek Klasik “Simi Rapp” oleh Pelopor Hiplife Ghana Gyedu-Blay Ambolley

Sebagai penghormatan kepada Blay Ambolley.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Winona Amabel
Foto: Multi Culti

Sejak tahun 70-an Gyedu-Blay Ambolley telah menyumbangkan lagu-lagu memikatnya untuk lanskap musik Afro-funk, Ghanaian Highlife, dan hip hop. Dengan fusi dari ritme dansa highlife lokal dan penyampaian vokal cepat, ia merupakan pelopor terbentuknya genre hiplife Ghana, juga merupakan sosok penting dalam perkembangan hip hop akhir abad 20. Melalui salah satu rilisan LP awalnya “Simigwa” pada tahun 1973, ia memperkenalkan dan mempopulerkan hiplife, bukan hanya di kawasan Afrika Barat, namun juga pada kancah dunia.

Sebagai penghormatan pada sosok legendaris ini, label Multi Culti merilis ulang salah satu trek klasik Ambolley tahun 1996 “Simi Rapp“. Selain trek aslinya, Multi Culti juga memfitur empat remix oleh Red Axes & Asaf Samuel, Johnny Aux, Skinnerbox, dan in-house edit oleh Dreems & Thomas Von Party dari Multi Culti sendiri. Salah satu trek paling menarik adalah edit oleh Skinnerbox yang menggunakan tempo lebih cepat dengan pukulan renyah dan nuansa playful, menonjolkan bass panjang namun groovy, dan tumpukan ornamen di akhir yang terasa pas. Selain itu ada Johnny Aux yang menggunakan pendekatan lebih modern, tetapi jadi nyaris menghilangkan nuansa Ghanaian highlife khas Ambolley.

Selain menyajikan ulang “Simi Rapp” melalui interpretasi para produsernya masing-masing, melalui reissue ini trek klasiknya pun diangkat lagi ke permukaan. Mengingat pentingnya lagu ini, dan Ambolley sendiri, dalam perkembangan Ghanaian Hiplife, tentu menarik untuk memperkenalkannya kembali terutama bagi orang-orang yang belum pernah mendengarnya.whiteboardjournal, logo