Who, What, Why: Jessica Candradi

Fashion
13.03.19

Who, What, Why: Jessica Candradi

Self-taught fotografer fashion yang mengawali perjalan kreatif sebagai pastry chef.

by Emma Primastiwi

 

WHO

Berasal dari Surabaya, Jessica Candradi adalah seorang fashion fotografer dan creative yang dikenal melalui konsep fotonya yang earthy sekaligus nostalgic. Dibekali latar belakang sebagai pastry chef, hal tersebut telah menciptakan karakter khas baginya. Berkat keunikan itu, kini Candradi telah menjadi salah satu fotografer muda Indonesia yang cukup diincar dalam dunia fashion lokal, juga mancanegara.

WHAT

Walau mempunyai latar belakang sangat berbeda dari fotografi, Candradi tetap gencar mengejar ketertarikan ini. Setelah menemukan gaya artistiknya, ia menciptakan proyek personal bertajuk “Untitled Movie Stills” – diisi dengan berbagai cerita visual yang memancarkan tema retro melalui nada sepia juga hitam putih. Melalui “Untitled Movie Stills”, Candradi mendapat kesempatan memperkenalkan diri ke ranah internasional lewat serangkaian pameran dari Sydney, New York sampai Miami, yang akhirnya dapat ia kembangkan menjadi sebuah buku.

Selain proyek personalnya ini, ia juga mempunyai suatu kolektif bernama “Kitakami” yang menawarkan servis prewedding, fashion shoots dan masih banyak lagi. Sebagai cabang dari usaha ini, ia juga terlibat dalam fashion brand “Satoo”, yang masih jatuh di bawah naungan Kitakami.

WHY

Candradi pertama menyadari ketertarikannya terhadap fotografi saat masih duduk di bangku kuliah, tepatnya di Melbourne Australia. Walau mempelajari subjek yang sangat berbeda dari fotografi yakni pastry dan culinary, ia masih menemukan cara untuk tetap mempelajari teknik-teknik fotografi. Tidak dibatasi oleh latar belakang edukasinya di ranah kuliner, Candradi pun tetap meneruskan eksplorasi artistiknya sebagai seorang fotografer. Setelah mengejar passion tersebut dan menemukan gayanya sendiri, Candradi terbukti sukses sebagai seorang fotografer self-taught.

 whiteboardjournal, logo