Tate Modern Menyajikan Eksibisi Andy Warhol yang Bisa Dinikmati dari Rumah

Art
08.04.20

Tate Modern Menyajikan Eksibisi Andy Warhol yang Bisa Dinikmati dari Rumah

Dibuka secara resmi pada bulan Maret kemarin, eksibisi ini menawarkan informasi dan wawasan yang lebih dari seniman pop ini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Tate Modern

Fenomena digitalisasi berperan sangat besar di tengah social distancing dan krisis COVID-19. Terlebih lagi dalam memberi bentuk semangat, hiburan, dan rekreasi selama diam menetap di rumah. Hal tersebut memicu Tate Modern, sebuah komplek museum kesenian di London, untuk merilis video tur eksibisi Andy Warhol, setelah sebelumnya eksibisi ini harus ditutup karena kecemasan pandemi COVID-19.

Ditemani oleh Gregor Muir dan Fiontán Moran selaku kurator dalam pameran ini, tur virtual dari Tate Modern ini terbilang cukup singkat dengan durasi tujuh menit. Walau demikian, tur ini menawarkan informasi dan pengetahuan yang detail dan mendalam. Tak hanya mengenai karya-karya yang ikonis dari Warhol, seperti Campbell soup can maupun Marilyn Monroe, tur ini juga menampilkan dokumentasi awal kedatangan keluarga seniman pop art tersebut di Amerika. Perjalanan keluarga Warhol tersebut diikuti dengan perjalanan masa kecilnya, termasuk perihal seksualitas, kematian, dan religi serta pengaruh hal-hal tersebut terhadap Warhol sebagai seniman.

 

Selain perspektif yang lebih personal, eksibisi virtual ini juga akan menampilkan sekitar seratus karya dari Andy Warhol. Karya-karya tersebut meliputi prints, lukisan, sketsa, ruang immersive yang berisi dengan suara, hingga gambaran-gambaran erotis yang sebelumnya belum pernah ditampilkan secara publik. Tak hanya itu, eksibisi ini juga mendokumentasikan awal mula didirikannya Silver Factory serta pengalaman Warhol setelah ditembak oleh Valerie Solanas.

Meski telah ditutup untuk publik, Tate Modern tetap akan menampilkan karya-karya dari eksibisi ini hingga April tahun depan. Sembari mengisi waktu dan menunggu kembali dibukanya museum ini, kunjungi situs resmi Tate Modern untuk menikmati eksibisi ini dari rumah.whiteboardjournal, logo