Mothern Menuangkan Hasil Eksplorasi Baru di Album Perdananya yang Bertajuk “beforelight”

Music
22.02.21

Mothern Menuangkan Hasil Eksplorasi Baru di Album Perdananya yang Bertajuk “beforelight”

Album perdananya tersebut turut memboyong beberapa nama untuk berkolaborasi, seperti; Denisa, Muhammad Rafif, Krautmilk, Matter Mos, Mantra Vutura.

by Ghina Sabrina

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Mothern

Mothern merupakan duo electro/techno bernuansa rave party dengan balutan rock beroktan tinggi asal Jakarta yang diinisiasi oleh Pandu Priyanto (vocal & guitar) dan Rastafarian (Vocal & Synthesizer). Mereka dikabarkan baru merilis album penuhnya yang pertama bertajuk “beforelight” pada hari Jumat (19/2).

Album terbarunya merupakan hasil eksplorasi antara pandu dan Rasta, mereka menuangkan berbagai pengalaman pribadi dan kontemplasi ke dalam setiap repertoar, “beforelight” dirilis di bawah naungan Sun Eater Coven. “Ekspektasi, kekecewaan, kekesalan, dan pada akhirnya mengikhlaskan semua yang telah terjadi menurut gue adalah siklus pendewasaan manusia pada umumnya. Waktu masa produksi ‘beforelight’, gue dan Rasta pun melalui fase yang sama dan akhirnya tertuang ke dalam album ini,” jelas Pandu.

Meski Pandu dan Rasta masing-masing memiliki pengalaman hidup yang berbeda, namun “beforelight” memiliki garis merah yakni menceritakan sesi percakapan dengan diri sendiri, “Tunnel” adalah salah satunya, trek tersebut merupakan pengalaman pribadi Rasta. “Tunnel adalah salah satu lagu yang personal banget buat gue. Terkadang gue denial dan bilang

sama diri gue sendiri kalau gue lagi nggak apa-apa. Padahal, it’s okay not to be okay,” ungkap Rasta.

Jika membahas mengenai musikalitas “beforelight” dan bagaimana album tersebut terdengar, Pandu dan Rasta berhasil meleburkan beberapa elemen genre, di antaranya adalah; rock alternatif, vokal emo dan subgenre musik elektronik seperti psytrance, house, techno, dan drum n’ bass ke dalam formulasi musiknya sendiri. Nine Inch Nails, The Chemical Brothers, Daft Punk, dan Underworld disebut sebagai influence untuk album terbarunya.

Salah satu perbedaan yang lumayan kentara dari “beforelight” yakni Mothern mengemasnya tak semurung EP pendahulunya; “Afterdark”. Penggarapan album tersebut memakan waktu Pandu dan Rasta selama satu tahun, dari akhir 2019 hingga akhir 2020. Beberapa nama musisi lainnya turut diajak Mothern untuk berkolaborasi dalam beberapa treknya, mereka adalah; Denisa, Muhammad Rafif, Krautmilk, Matter Mos, Mantra Vutura, RAYHAN NOOR, Eupho.

Kini album teranyar Mothern yang bertajuk “beforelight” sudah bisa kalian dengarkan di berbagai platform musik digital.whiteboardjournal, logo