‘Mulholland Drive’ Direstorasi dan Dirilis Ulang Untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-20

Film
30.09.21

‘Mulholland Drive’ Direstorasi dan Dirilis Ulang Untuk Rayakan Ulang Tahun Ke-20

Menurut Justin Theroux, David Lynch kabarnya juga tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi di dalam film misteri ini.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Deandra Aurellia
Foto: Everett Collection

Karya surealis David Lynch, Mulholland Drive, akan menerima restorasi dan rilis ulang untuk menandai ulang tahun ke-20-nya.

Awalnya ditayangkan perdana pada tahun 2001 di Festival Film Cannes, film tersebut memenangkan penghargaan Best Director untuk Lynch, yang ia bagikan dengan Joel Coen (untuk The Man Who Wasn’t There). Sejak itu, film tersebut menempati urutan teratas daftar kritikus dari 100 film terbesar abad ke-21, yang disusun oleh BBC pada tahun 2016.

Dibimbing oleh David Lynch — mungkin untuk menghindari kekecewaan dari perilisan ulang sebelumnya — restorasi 4K Mulholland Drive ditayangkan perdana pada pemilihan Cannes Classics tahun ini. Rilisan fisik baru juga akan disertai dengan rilisan teatrikal terbatas, milik Studiocanal dan Criterion Collection, seperti dilansir Variety.

Awal tahun ini, Justin Theroux, bintang film tersebut bersama Naomi Watts dan Laura Harring, mengungkapkan bahwa David Lynch sendiri juga tidak mengerti apa yang terjadi di film misteri tersebut. (seperti kebanyakan penonton).

“Dia benar-benar outlier karena dia tidak menjawab pertanyaan Anda,” kata Theroux kepada IndieWire pada bulan Juni. “(Pada) beberapa hari pertama syuting Mulholland Drive, saya tentu saja membumbuinya dengan sejuta pertanyaan seperti, ‘Nah, mengapa saya di sini? Siapa koboi itu? Apa yang sedang terjadi? Realitas apa yang kita hadapi?’”

“Ketika selesai bertanya, ia akan menjawab, ‘Saya tidak tahu, buddy. Tapi mari kita cari tahu’. Dia tidak sedang melucu atau bercanda atau mengelak – dia benar-benar tidak tahu.”

Restorasi ulang tahun ke-20 Mulholland Drive akan tiba bulan November ini. whiteboardjournal, logo