Lagu “Levitating” Kembali Diterpa Klaim Hak Cipta untuk Kedua Kalinya

Music
08.03.22

Lagu “Levitating” Kembali Diterpa Klaim Hak Cipta untuk Kedua Kalinya

Setelah Artikal Sound System, giliran L. Russell Brown dan Sandy Linzer yang mengajukan klaim hak cipta pada Dua Lipa.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Shadia Kansha
Foto: Instagram/Dua Lipa

Belum lama ini lagu “Levitating” dituduh sebagai hasil dari pelanggaran hak cipta atas lagu “Live Your Life” milik Artikal Sound System. Lagu yang merupakan bagian dari album kedua Dua Lipa tersebut memiliki striking similarity atau persamaan yang kentara, baik dari segi progresi chord, melodi, hingga kunci yang digunakan.

Namun hal yang tidak terkira adalah, tidak lama kemudian, lagu “Levitating” kembali dituduh melanggar hak cipta atas lagu lain. Musisi dan penulis lagu, L. Russell Brown dan Sandy Linzer, merasa bahwa melodi yang digunakan dalam lagu tersebut sangat mirip dengan lagu “Wiggle and Giggle All Night” dan “Don Diablo”.

Kali ini, klaim tersebut memusatkan perhatian pada kesamaan penggunaan melodi khas yang dimiliki kedua lagu tersebut. Brown dan Linzer meyakini bahwa Dua Lipa memang menyalin melodi tersebut tanpa memberikan atribusi yang tepat. Mereka bahkan menunjukkan bahwa dalam salah satu wawancara yang dilakukan Dua Lipa, ia mengakui bahwa ia banyak mengambil inspirasi dari lagu-lagu tahun 60-70an. Tahun tersebut merupakan tahun terbitnya kedua karya milik Brown dan Linzer.

Saat ini klaim tengah dalam proses pengajuan, namun satu hal yang pasti, Dua Lipa masih enggan memberikan komentar.whiteboardjournal, logo