Berambisi untuk Semakin Menguasai Ranah Digital, Meta akan Merilis Kacamata AR di Tahun 2024

Media
18.04.22

Berambisi untuk Semakin Menguasai Ranah Digital, Meta akan Merilis Kacamata AR di Tahun 2024

Mark Zuckerberg akan membuat kacamata AR buatan Meta yang akan dirilis pada tahun 2024 mendatang.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Yusril Mukav
Foto: Meta

Mengikuti ragam upaya mereka untuk menguasai ranah digital, Meta merencanakan akan merilis kacamata AR mereka pada tahun 2024. Mark Zuckerberg mengatakan jika ia ingin menghadirkan metaverse dekat dengan kita semua.

Kacamata AR yang akan dirancang Meta akan mempresentasikan sebuah objek yang dapat menghubungkan antara dunia nyata dengan dunia metaverse. Zuckerberg mengatakan jika objek yang muncul akan lebih dari hanya sekadar hologram, dan akan merespon lebih cepat dari yang kita jangkau.

Sementara ini, Meta belum mempunyai prototype untuk kacamata tersebut, namun mereka telah mengerjakan desain perdana yang akan dikeluarkan pada tahun 2024, dan juga telah mempunyai rancangan desain kedua yang akan lebih ringan, yang akan dirilis pada tahun 2026.

Dari serangkaian skandal yang menyangkut perusahaan tersebut, seperti problem penjualan data privasi, Zuckerberg melihat bahwa dengan merubah Facebook menjadi Meta dan merilis kacamata AR terbarunya akan membuat perusahaannya mendapatkan tempat lagi di tengah masyarakat. Lewat langkah ini, Zuckerberg menginginkan perusahaannya kembali menjadi inovator kelas dunia.

Jika proyek kacamata AR dan beberapa rencana perilisan futuristik Meta yang lain berhasil, Meta dapat mengimplementasikan ide dan gagasan dari pendiri mereka. Zuckerberg menginginkan proyek yang mereka namai sebagai Project Nazare beroperasi secara independen tanpa menggunakan IOS ataupun Google, dengan kata lain Zuckerberg akan membuat software baru untuk mengoperasikan proyek ini.

Untuk proyek awal, mereka akan menggunakan hologram yang berinteraksi langsung dengan pengguna dengan kacamata AR sebagai perantara yang memberikan pengalaman baru bagi ketika ingin berbicara dengan orang lain.whiteboardjournal, logo