Lyst Year in Fashion Report: Miu Miu Jadi Brand of The Year hingga Bella Hadid Sebagai Power Dresser of The Year

Fashion
02.12.22

Lyst Year in Fashion Report: Miu Miu Jadi Brand of The Year hingga Bella Hadid Sebagai Power Dresser of The Year

Lyst telah mengeluarkan laporan tahunannya mengenai perkembangan fashion dunia. 

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ahmad Baihaqi
Foto: Lyst

Lyst, sebuah perusahaan fashion technology dan aplikasi premium shopping yang sangat terkenal dengan pelaporan rutin triwulan Lyst Index mengenai brand-brand ternama dunia. Saat ini Lyst juga telah merilis Year in Fashion Report 2022. 

Miu Miu dinobatkan sebagai Brand of The Year

Tahun ini, label fashion asal Prancis Miu Miu dinobatkan oleh Lyst sebagai Brand of The Year untuk tahun 2022.

“From the viral mini skirt that launched a thousand memes to the celebrity-approved Wander bag, 2022 was Miu Miu’s year,” tulis Lyst dalam laporannya.

Dinobatkan sebagai Brand of The Year, produk paling populer dari Miu Miu adalah Gen-Z version dari sepatu balet yang dirilis tahun 2016. Produk tersebut juga telah dipakai oleh selebriti ternama, seperti Bella Hadid, Rosalia dan Sydney Sweeney.

Menurut laporan Lyst, pencarian untuk brand asal Prancis tersebut meningkat sebanyak 34 persen dari tahun ke tahun. Miu Miu juga mencatat 23 juta kali penayangan di Tiktok atas keberhasilannya mengembalikan menswear untuk FW22 dan koleksi SS23 terbaru.

Diesel raih penghargaan Logo of The Year

Selain Miu Miu, Diesel juga dinobatkan sebagai Logo of The Year oleh Lyst. Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa bagi brand asal Italia tersebut. Direktur kreatif, Glenn Martens, mengadakan pertunjukan runway perdana Diesel pada awal tahun.

Brand tersebut masuk ke dalam Lyst Index untuk pertama kali dan berada di peringkat ke-15 untuk kategori hottest brand bulan April. Lyst mencatat bahwa tas 1DR Diesel menjadi aksesoris paling dicari di dunia fashion pada bulan Juni dengan peningkatan pencarian sebesar 248 persen.

Fashion Show of the Year dinobatkan ke Balenciaga

Dari sekian banyak brand populer lain, Balenciaga juga mencuri perhatian dengan penghargaan Fashion Show of The Year. Penghargaan tersebut diraih berkat pertunjukan Haute Couture kedua Demna untuk Balenciaga yang diadakan pada bulan Juli di Paris. Acara tersebut menjadi pembicaraan karena menampilkan Nicole Kidman, Naomi Campbell, Hadid, Christine Quinn dan Kim Kardashian.

Prada dan Birkenstock raih penghargaan dalam kategori aksesoris

Penghargaan Bag of The Year juga diberikan kepada tas mini Prada Re-nylon Re-edition 2020. Boston Clog milik Birkenstock juga meraih penghargaan sebagai Shoe of The Year. 

Hot pink barbie menjadi Trendsetter

Menurut laporan Lyst, warna merah muda Barbie juga meraih penghargaan sebagai Trend of The Year. Menurut Lyst, perilisan film Barbie Gerta Gerwig yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling telah menyebabkan obsesi terhadap warna hot pink. Terdapat peningkatan sebanyak 416 persen dalam penelusuran warna tersebut.

Bella Hadid menjadi Power Dresser of The Year atas influence-nya

Selain memberikan penghargaan ke brand, Lyst juga memberikan penghargaan kepada selebriti yang bergelut di dunia fashion. Kali ini, Bella Hadid dinobatkan sebagai Power Dresser of The Year. Lyst mencatat bahwa terdapat peningkatan sebesar 1.900 persen dalam pencarian untuk pakaian yang dikenakan oleh Bella Hadid.

Hal ini tidak mengherankan, pasalnya Hadid juga menjadi bahan dalam Viral Moment of The Year. Supermodel itu menjadi headline dalam SS23 Coperni atas gaun yang dicat dengan cat semprot di tubuhnya. Lyst mengatakan setelah aksi tersebut, terdapat peningkatan sebanyak 3.000 persen dalam penelusuran untuk Coperni.whiteboardjournal, logo