Tren Baru Frutiger Aero, Perlahan Kalahkan Ketenaran Y2K

Design
08.02.23

Tren Baru Frutiger Aero, Perlahan Kalahkan Ketenaran Y2K

Sama halnya dengan Y2K, frutiger aero juga merupakan tren yang sebelumnya pernah ramai dibicarakan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Alissa Wiranova
Foto: Dazed

Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan munculnya kembali tren Y2K, terutama dalam urusan fashion. Pakaian-pakaian  serta dekorasi imut berwarna cerah jadi ciri khas tren ini. Meski begitu, baru-baru ini muncul kembali jenis tren terbaru, yaitu frutiger aero. 

Sama halnya dengan Y2K, frutiger aero juga merupakan tren yang ramai kembali. Frutiger aero sendiri pernah jadi bahan pembicaraan banyak orang pada kurun tahun 2004 hingga 2013. Tren ini sendiri umumnya didominasi dengan gelembung transparan, lapangan hijau, dan gerombolan ikan laut tropis. Dengan kata lain, frutiger aero didominasi oleh desain naturalistik yang melibatkan pemandangan alam dan bubble-bubble transparan.

Belakangan ini, tren frutiger aero kembali jadi topik yang hangat dibicarakan. Dilaporkan oleh Dazed, hashtag #frutigeraero di aplikasi Tiktok kini telah mencapai 28 juta views. Tak hanya itu, subreddit frutiger aero juga mengalami peningkatan jumlah mencapai 400 persen dalam waktu satu bulan terakhir. 

Menurut Sofi Lee, seorang anggota dari Consumer Aesthetics Research Institute (CARI), tren frutiger aero mendapatkan inspirasi dari desain Windows Vista. Menurutnya, desain frutiger aero ini mampu menyajikan perpaduan antara dua hal, yaitu lanskap natural dan suasana indoor. 

“I think people are searching for aesthetics and feelings that can help them shake off the last couple years,” terang Amanda Brennan, seorang internet culture expert sekaligus meme librarian. Menurutnya, tren frutiger aero yang akhir-akhir ini muncul kembali bisa jadi disebabkan oleh perasaan nostalgia yang turut muncul. Tak hanya itu, frutiger aero bisa jadi mengobati kerinduan generasi sekarang terhadap tampilan komputer yang lebih ‘fresh’ bila dibandingkan desain minimalis yang biasa diterapkan sekarang. whiteboardjournal, logo