Aplikasi Google Workspace dengan Tampilan Baru, Penyegaran di Antara Kejenuhan Kerja?

Media
10.03.23

Aplikasi Google Workspace dengan Tampilan Baru, Penyegaran di Antara Kejenuhan Kerja?

Google Drive, Docs, Sheets, dan Slides tampilkan perubahan minor.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Alissa Wiranova
Foto: Google

Google baru saja mengumumkan update terbaru pada tampilan User Interface (UI) di rangkaian aplikasi Google Workspace pada hari Kamis lalu. 

Mencakup empat aplikasi yaitu Drive, Docs, Sheets, dan Slides, perubahan UI terbaru ini nyatanya hanya mencakup minor update saja. 

Beriringan dengan tampilan terbaru Gmail, nantinya keempat aplikasi tadi akan mengalami perubahan di bagian toolbar dan comment. Keduanya akan memiliki warna yang lebih gelap, yaitu dengan tone keabuan. 

Tak hanya perubahan warna di fitur comment dan toolbar, Google juga memberikan upgrade terbaru pada tombol share (bagikan). Mulanya berbentuk persegi panjang, kini tombol share akan berubah bentuk menjadi rounded-corner rectangle. 

Perubahan UI pada rangkaian aplikasi Google Workspace ini dapat dilihat pada contoh tampilan Docs berikut. 

Sumber: Google

Tak hanya itu, Google juga akan merilis fitur baru yang melibatkan third-party apps yang dapat terintegrasi langsung pada dokumen. Aplikasi yang dijanjikan ialah Atlassian, Asana, Figma, Miro, Tableau, serta ZenDesk. Google pun merencanakan smart chips terbaru lainnya, yaitu berupa stopwatch, emoji voting, serta calendar invite chips untuk Docs. whiteboardjournal, logo