Tahun Depan Representasi Karakter LGBTQ+ di Layar Lebar Akan Menurun

Human Interest
28.03.23

Tahun Depan Representasi Karakter LGBTQ+ di Layar Lebar Akan Menurun

Laporan GLAAD melihatkan akan adanya penurunan representasi LGBTQ+ mulai tahun depan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Faesal Mubarok
Foto: Netflix

Tentang representasi queer, TV telah membuat langkah signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2019, diumumkan bahwa rekor jumlah karakter LGBTQ+ telah banyak ditampilkan di layar, dan serial seperti It’s A Sin dan Heartstopper juga menempatkan representasi yang nyata. Namun, menurut laporan baru dari GLAAD, hal-hal tersebut akan mengalami kemunduran selama beberapa tahun depan.

Menurut statistik dari laporan tahunan oleh organisasi pemantauan media yang berbasis di AS (the Gay & Lesbian Alliance Against Defamation), total 596 karakter LGBTQ+ yang ditampilkan di acara TV antara 1 Juni 2022 dan 31 Mei 2023. Hampir sepertiga dari mereka, bagaimanapun, diatur untuk mengudara dalam waktu dekat.

Lebih khusus lagi, 175 karakter queer akan menghilang dari layar untuk season baru TV. Dalam kebanyakan kasus (140), adalah hasil dari serial yang menampilkan mereka lalu dibatalkan, meskipun 35 sisanya disebabkan oleh program yang berakhir dengan kesepakatan sebelumnya.

Laporan tersebut mencakup sejumlah jaringan yang menjalankan acara dengan skrip, serta platform streaming utama termasuk Prime Video, Hulu, Netflix, Apple TV+, Disney+, HBO Max, Peacock, dan Paramount+.

“Beberapa hit terbesar tahun ini adalah serial inklusif LGBTQ,” kata Sarah Kate Ellis, CEO GLAAD, dalam pengantar laporan tersebut. Misalnya, dia menamai acara seperti The Last of Us, What We Do in The Shadows, Yellowjackets, Stranger Things, dan Hacks. “Jelas bahwa ketika sebuah layanan berinvestasi penuh dalam acara LGBTQ-nya,” tambahnya, “pemrograman ini melampaui lanskap media yang ramai dan sukses dengan kritik dan penonton.”

Akibatnya, Ellis mengatakan bahwa “mengecewakan” melihat penurunan yang diproyeksikan dalam representasi LGTBQ+ terutama pada saat “kekuatan perubahan naratif dan penceritaan yang inklusif menjadi lebih penting dari sebelumnya”.whiteboardjournal, logo