Polka Wars Axis Mundi Review

22.09.15

Polka Wars Axis Mundi Review

by wjournal

 

Sadar Akan Keadaan.

Entah kenapa, setiap mendengar nama Polka Wars, yang terbayang pada benak saya justru mengenai segala aktivitas sosial personilnya. Aspek musik mereka baru muncul belakangan. Mungkin, perspektif saya ini cukup cetek, tapi memang begitu adanya.

Tapi, saya akan berusaha untuk lebih optimis dalam menulis ulasan ini: segala aktivitas sosial dan luasnya jaringan Polka Wars sebenarnya di sisi lain juga menunjukkan etos mereka yang cukup professional. Bahwa mereka mampu membedakan persona di atas dan di luar panggung. Sewaktu saya mewawancarai keempat personilnya, Aeng, Deva, Billy dan Dega sama sekali tak terasa sebagai selebriti, padahal beberapa bulan setelah hari itu, mereka tampak dengan mudah menjual habis tiket konser tunggal yang mereka laksanakan di Institut Francais Indonesia.

Hal inilah yang semakin terasa pada saat saya keluar dari gedung IFI pada hari Sabtu itu. Secara pribadi, saya sangat puas dengan konser perdana Polka Wars dalam artian, saya tidak menyangka hasilnya akan seperti itu. Sekeluarnya saya dari gedung, saya lantas menyampaikan kepuasan saya ke masing-masing anggota, dan ucapan tersebut jelas bukan basa-basi semata.

Konser dibuka oleh Bedchamber. ‘Milenial’ adalah kata yang pas untuk mendeskripsikan karakter mereka, namun di saat yang sama, term tersebut cukup mengalihkan perhatian dari musik mereka sendiri yang sebenarnya cukup apik terlepas dari segala influence yang mempengaruhi mereka. Penampilan mereka cukup menyenangkan. Walau kalau boleh jujur, saya tidak terlalu ingat secara detil musik mereka sehabis turun panggung. Mungkin, saat itu ada yang mengajak saya ngobrol.

Sudah berulang kali saya putar Axis Mundi, album perdana Polka Wars. Kurang lebih saya tahu arah dan alur dari lagu-lagunya. Namun saat konser dibuka dengan segue antara “Horse’s Hooves” dan “Coraline”, saya sangat terkesan dengan sequencing dan keseluruhan setlist mereka. Dari awal pula, aransemen Polka Wars terdengar lebih ketat; lebih sadar panggung, dan mereka mampu melakukannya pada panggung solo perdana.

Instrumen-instrumen ditambahkan, (saksofon, tehiyan) dan semuanya bukan malah menjadi novelti, namun penyegar bagi lagu-lagu Polka Wars. Nomor-nomor favorit saya adalah ketika Aeng, di paruh kedua konser (setelah penayangan dokumenter yang sayang sekali saya lewati bagian awalnya), menyanyikan lagu “Mad World” dan Deva menyanyikan nomor “Lovers”. Saya juga tidak menyangka “This Providence”, “Mokéle” dan “Tall Stories” akan terdengar serapi itu pada konser ini.

Polka Wars suka meloncat-loncat: Deva bisa tiba-tiba menyanyi, bisa tiba-tiba memegang bas, lalu kembali lagi ke drum. Aeng juga memainkan piano. Seperti di Axis Mundi, saya cukup senang dengan nirformat ini—saya juga menyebut konsep ini sebagai format band yang egaliter di Koran The Jakarta Post—karena hal tersebut menunjukan bahwa prioritas Polka Wars lebih ke aransemen lagu daripada siapa memegang instrumen apa. Siapapun yang cocok di lagu/instrumen, maka dia yang akan memainkannya.

Lagu terbaik di Axis Mundi, pasnya, dimainkan di akhir konser: “Piano Song.” Setelah melewati stand-up comedy dari Aeng, dokumenter pendek soal karir, dan tentu saja penampilan lagu-lagu dari album Axis Mundi (serta lagu “Obese Elves” yang di rekam di New York), “Piano Song” membungkus konser ini dengan mantap dan apik. Saya tidak menyangka bahwa mereka bisa mengeksekusinya seeksploratif di luar kenyamanan studio rekaman.

Layaknya limbah pabrik, musik pun memiliki faktor eksternalitas tersendiri: imej dan kawan-kawannya. Bedanya dengan limbah, dalam konteks musik, faktor tersebut tidak begitu menjadi masalah. Begitu pula dengan Polka Wars, apalagi kalau kualitas penampilan mereka se-prima hari itu. Dan di hari itu, mereka telah mencapai banyak prestasi: konser perdana, konser tunggal, tiket laku, dan lain-lain. Kedepannya? Saya belum berani menjamin.

Namun, saya berani menjamin satu hal: jika ada yang bertanya mengenai pendapat saya mengenai Polka Wars, maka ada hal baru yang saya akan katakan kepada dia.

teks oleh: Stanley Widianto
foto oleh: Omar Annaswhiteboardjournal, logo