Menciptakan Momen dalam Ruang Tunggu

08.06.16

Menciptakan Momen dalam Ruang Tunggu

by Febrina Anindita

 

Pameran biasa dibuat untuk dijadikan ajang untuk menunjukkan hasil karya seniman serta menikmati seni dan unjuk gigi dalam menganalisis karya dengan referensi masing-masing. Tak jarang, saat berkunjung ke galeri pun ada rasa riang bisa mendapat background atau konten foto yang pas untuk Instagram ataupun bertemu dengan kurator muda untuk tukar pikiran. Tapi semua hal di atas beda kesannya saat mengunjungi pembukaan pameran “Ruang Tunggu” di Edwin’s Gallery yang memiliki konsep unik.

Diundang dengan poster di media sosial yang mengatakan kalau pameran ini mengajak publik untuk mencari kegiatan yang asyik selain main handphone saat menunggu, sebuah pancingan yang menggelitik rasa penasaran. Apalagi seniman yang diajak dikenal memakai medium beragam dalam berkarya. Kejutan datang bertubi-tubi saat pembukaan, karena publik diajak masuk ke dalam ruang pameran yang kosong. Sesaat terpikir kalau pengunjung memang diajak menunggu untuk sebuah pertunjukan seni di tengah ruangan berdinding putih. Tapi tak lama, para seniman, Ardi Gunawan, Lala Bohang, Emte, Ari Dina Krestiawan, Azer dan Vera Lestafa bersama-sama pengunjung mendokumentasikan ekspresi dan momen pameran yang hanya digelar satu malam itu.

Ada nyinyir dan ironi dalam pameran ini. Handphone yang di media publikasi disarankan untuk tidak digunakan, justru mengisi kekosongan waktu dan ekspektasi publik yang datang ke pameran. Tak perlu waktu lama untuk menunggu satu per satu handphone terangkat untuk berfoto atau chatting mengabari teman bahwa pameran ini sungguh aneh. Konsep pameran yang memiliki periode semalam saja ini secara tidak langsung menyinggung budaya pembukaan pameran yang biasa dituju orang untuk sekadar bersosialisasi dan melupakan karya seni yang tersortir dan terpampang di dinding galeri. Nyatanya, memang selama ini apa yang ditawarkan di luar galeri saat malam pembukaan justru menarik massa lebih banyak, mulai dari beberapa band hingga kudapan dan minuman yang terus dihidangkan hingga tengah malam. Tapi khusus malam itu, galeri disulap jadi ruang peristiwa dan pengunjung menjadi objek sekaligus subjek seni, serta seniman berperan sebagai moderator akan pameran disposable. Pembukaan pameran telah menjadi inti acara, dalam arti seutuhnya.

Kejutan terakhir membuat pengunjung menunggu lebih lama lagi. Ternyata karya memang sudah disiapkan, namun pengunjung harus menunggu karena seniman akan mengirimkan karyanya melalui paket yang akan dikirim dalam estimasi waktu 7 hari yang tentu membuat kami tak sabar melihat seperti apa dimensi karya yang akan kami terima. Walau tidak bisa melihat instalasi Ardi Gunawan akan barang di sekitar area galeri atau gambar-gambar estetik di dalam galeri, pameran ini memberikan rona baru akan eksklusifitas karya seni yang biasanya hanya bisa disentuh oleh kolektor.

Pameran ini mungkin sebenarnya masih berlangsung sampai karya tersebut jatuh di tangan kami. Karena sampai sekarang kami, masih menunggu. Mungkin ini tantangannya untuk membuat fase menunggu ini jadi lebih menarik.

Foto oleh Panji Purnama Putrawhiteboardjournal, logo

Tags