Rude Ruth: Margaret Glaspy dan Julian Lage

19.10.16

Rude Ruth: Margaret Glaspy dan Julian Lage

by Ken Jenie

 

Browsing di YouTube tanpa tujuan sering kali berakhir dengan satu video yang menyenangkan, dan ini yang terjadi pada saya saat menemukan Rude Ruth, kolaborasi antar penyanyi Margaret Glaspy dan gitaris Julian Lage. Diawali dengan mendengarkan lagu “Katonah”, kombinasi antara suara Glaspy yang menawan, kelihaian permainan gitar Lage, dan melodi sekaligus lirik “Katonah” yang menyentuh membuat penemuan ini menjadi sebuah highlight pada akhir pekan kemarin.

Margaret Glaspy adalah singer-songwriter asal California yang telah pindah ke New York City setelah sekolah di Berklee College of Music. Sebagai musisi solo, dia telah merilis beberapa EP, dan album pertamanya, Emotions and Math, mendapatkan berbagai ulasan yang baik dari media musik (Pitchfork memberi album ini 7.7 – lumayan).

Julian Lage adalah seorang gitaris dan komposer yang beberapa tahun ini menjadi sosok favorit untuk banyak penggemar jazz. Seorang child prodigy, Lage di umur 13 telah tampil untuk Grammy Awards, dan sepanjang karirnya (sekarang dia berumur 29) telah bermain dengan musisi terkenal seperti Gary Burton dan Jim Hall.

Suara Margaret Glaspy sangatlah menawan. Karakter suaranya yang smokey, bluesy dan kadang terdengar serak membuat nyanyiannya seakan-akan datang dari seseorang yang telah melewati pengalaman hidup panjang dan penuh dengan warna. Berkat suaranya yang khas dan lirik deskriptif yang ia buat, “Katonah” menjadi salah satu nomor yang mengharukan. Digabung dengan keahlian Julian Lage dalam memetik gitar telecaster-nya dan sedikit pengaruh dari Chet Atkins, Rude Ruth pun menjadi duo yang menyajikan musik kental dengan nuansa Amerika melalui lagu-lagu pop-folk mereka.

Sayangnya, video kolaborasi mereka di-post dua tahun lalu, dan karena kedua musisi ini baru merilis album solo pada tahun ini, sepertinya tidak akan ada rilisan dari mereka dalam format Rude Ruth dalam waktu dekat. Setidaknya kita bisa menonton permainan mereka dalam video yang ada.whiteboardjournal, logo

Tags