Gerakan Kebebasan Buruh dalam Bingkai Visual Filastine

05.06.17

Gerakan Kebebasan Buruh dalam Bingkai Visual Filastine

by Febrina Anindita

 

Teks Muhammad Faisal
Foto Dok. Filastine

Duo peramu multimedia lintas negara yang terdiri dari Grey Filastine (composer/director) dan Nova Ruth (vocal/designer) seolah tak kehilangan ide untuk menyuarakan teriak perlawanan melalui medium karya. Pasca merilis tiga sajian audio-visual yang tersusun atas The Miner (Maret 2016), The Cleaner (Mei 2016), dan The Salarymen (Oktober 2016), kali ini Filastine kembali hadir bersama single terbarunya yang bertajuk “Los Chatarreros.”

Video tersebut merupakan seri nomor empat dari Abandon; sebuah serial video musik yang mengambil tema utama tarian pembebasan dari kelas pekerja atau penindasan buruh. “Los Chatarerros” mengisahkan perjalanan pemulung besi tua yang hampir tiap malam menyisir sudut-sudut jalan Kota Barcelona. Berbekal troli usang, sang pemulung berjalan memburu rongsokan logam bekas, besi tua, hingga sampah-sampah perangkat keras yang teronggok di tempat umum. Pekerjaan yang kebanyakan dilakoni para imigran gelap dari Afrika ini berakhir di kala fajar menyingsing; ketika itu ia akan bergabung dengan para pemulung lainnya di sebuah kios besi tua untuk antri menjual hasil ‘panen’-nya.

“Orang-orang (pemulung) seperti itu sebenarnya tersebar di mana-mana, namun seperti tak terlihat mata. Kehadiran mereka juga terbilang sangat aneh untuk citra Barcelona yang sering dicap sebagai kota yang trendi dan berbudaya,” ungkap Grey Filastine yang sudah bertahun-tahun tinggal di kota Barcelona.

Abandon menyajikan profil pemberontakan para buruh bernilai rendah dalam konsep visual yang unik—mulai dari sosok pekerja tambang di Indonesia, petugas kebersihan di Portugis, karyawan kantor di Amerika Serikat, sampai pemulung logam bekas di Spanyol. Terdapat suar perlawanan yang coba diterjemahkan Filastine ke dalam bentuk karya yang dapat disaksikan berbagai kalangan.whiteboardjournal, logo

Tags