Merayakan Feminitas di Taman

23.07.17

Merayakan Feminitas di Taman

by Febrina Anindita

 

Teks: Fransisca Bianca
Foto: Dezeen

Pernahkah membayangkan, bagaimana jadinya jika keindahan ilustrasi dari kartu-kartu tarot direalisasikan ke dalam dunia nyata? Barangkali seperti Taman Tarot karya seniman Niki de Saint Phalle inilah wujudnya. Terletak di Tuscany, Italia, realisasi dari imajinasi liar Saint Phalle ini menghiasi kehijauan pedesaan Capalbio di sekitarnya dengan warna-warna berani dan bentuk-bentuk yang seperti keluar dari mimpi.

Sebanyak 22 patung yang terinspirasi karakter-karakter dari kartu tarot yang mayoritas berwujud sebagai dewi-dewi dari fantasi Saint Phalle ia buat dalam skalal besar. Terbuka untuk umum sejak 1998, patung-patung di taman ini memang dibuat untuk merayakan feminitas atau kewanitaan. Pengunjung yang datang dan seolah meninggalkan realita dan memasuki dunia mimpi yang dilahirkan oleh Saint Phalle ini dapat menemukan beberapa karakter tarot raksasa seperti Magician, The High Priestess of Intuitive Feminine Power, Strength, dan masih banyak lagi.

Sebuah suguhan yang mungkin menjadi sangat menggiurkan tidak hanya bagi yang ingin merasakan semangat feminitas Saint Phalle yang dikombinasikan dengan kemampuannya melukiskan sebuah dunia fantasi, namun juga bagi pecinta tarot yang ingin merasakan realisasi dari dunia magis tersebut. Mungkin, kemagisan dari kewanitaan yang tidak bisa hanya dilukiskan dengan satu warna sajalah yang ingin ia sajikan bagi umum lewat dunia kecilnya ini.whiteboardjournal, logo