Flow Into Now

01.08.17

Flow Into Now

by Febrina Anindita

 

Teks dan foto: Fransisca Bianca

Pameran yang menampilkan hasil kurasi Rizky A. Zaelani dan akan menghiasi dinding-dinding Dia.Lo.Gue hingga 14 Agustus mendatang ini mendalami persoalan waktu ‘kini’ dan pengalaman yang menyertainya. Bagaimana seluk beluk dari ‘kini’ bisa menghasilkan interpretasi yang beragam dari segelintir pribadi yang mengalaminya. Dialog yang dihasilkan pun akan berbeda antara penyaji dan penikmat karya, di mana realisasi dari varian sikap dan pengalaman mereka dipertemukan oleh ruang dan waktu di lokasi pameran.

Sederet karya dari 21 nama seperti, Nus Salomo, Budi Kustarto, Ykha Amelz, Erizal As, Putu Sutawijaya, Rebellionik, dan masih banyak lainnya ini seolah merefleksikan perbedaan interpretasi yang diintensikan tersebut melalui macam medium karya yang digunakan. Seperti karya dari Rebellionik bertajuk Connecting Unconnected yang berbasis cermin, di mana kata-kata ‘kecewa, sedih, khawatir’ tertanam di atasnya; karya reflektif tersebut berada di seberang Darth Mader karya Nus Salomo dan Kotot van de Jroth yang menampilkan patung kertas tokoh Darth Vader berbuah dada. Kedua karya ini berada di ruang terpisah dari Mentari Pagi Menembus Benda-Benda dan Sebuah Perspektif karya Budi Kustarto yang menampilkan interpretasinya atas situasi pagi hari di dalam ruangan dalam lukisan cat minyak.

Seluruh rangkaian pameran yang tersebar di sudut-sudut Dia.Lo.Gue ini, seolah mengundang lebih banyak interpretasi lagi dari para penyimaknya di dalam konteks berbeda. Dengan menyimak sederet judul dan rupa dari karya lainnya, mungkin yang dibutuhkan untuk memahami tiap pengalaman di baliknya memang interpretasi pribadi. Berbagai karya yang menjadikan pameran ini, memang melarutkan penyimaknya dalam pemaknaan yang meluas, namun tetap demi tujuan yang sama, yakni pengalaman emosional dalam ragam bentuk dan warna.

Flow Into Now

25 Juli – 14 Agustus 2017
Senin – Sabtu, 09:30 – 18:00

Dia.Lo.Gue
Jl. Kemang Selatan 99A
Jakarta whiteboardjournal, logo