Instalasi 100,000 Judul Terlarang

13.08.17

Instalasi 100,000 Judul Terlarang

by Febrina Anindita

 

Teks: Fransisca Bianca
Foto: Dezeen

Ialah sebuah instalasi di Kassel, Jerman berbentuk bangunan Parthenon yang berasal dari Athena, Yunani yang mengandung banyak ‘cerita’ di dalamnya. Pasalnya, instalasi karya seniman Marta Minujin dari Agrentina ini diselimuti oleh 100,000 buah buku yang pernah atau sedang dilarang di Jerman. Sebanyak lebih dari 170 judul karya yang mewarnai kerangka bangunan ini berasal dari donasi publik.

Barangkali menjadi sebuah tribut terhadap liberasi dari penyensoran, instalasi ini bukan menjadi yang pertama bagi sang seniman, yang sebelumnya telah membuat instalasi serupa di Buenos Aires, Argentina. Lokasinya di Taman Friedrichsplatz yang pada tahun 1933 menjadi lokasi pembakaran buku-buku terlarang oleh simpatisan Nazi juga makin mengobarkan semangat liberasi melalaui instalasinya.

Bahwasanya, kini segelintir karya-karya yang selama ini ditakuti akan menjadi racun pikiran dan bahkan harus dimusnahkan dari muka publik wujudnya, kini dengan bangganya terpampang tinggi pada dinding-dinding instalasi. Mungkin kini buah-buah pikiran terlarang yang dengan bangganya bersinggasana pada instalasi, menjadi sebuah pengingat sekaligus pencemoohan terhadap ketabuan kebebasan berpikir pada masanya.whiteboardjournal, logo