Labirin Taman Bermain

19.08.17

Labirin Taman Bermain

by Febrina Anindita

 

Teks: Fransisca Bianca
Foto: Dezeen

Mungkin bagi banyak orang, gagasan akan sebuah labirin diikuti dengan rasa was-was atau bahkan takut akan terjebak di dalamnya. Namun, barangkali labirin unik dari seniman Camille Walala ini justru akan mengubah persepsi tersebut 180 derajat. Dengan membangun sebuah labirin yang diintensikan sebagai taman bermain bagi segala umur di Now Gallery, London ini, Walala menumpahkan warna dari seluruh spektrum lengkap dengan berbagai pola, bentuk, dan ukuran yang beragam.

Dan siapa yang tidak ingin menjadi tersesat di dalamnya? Jauh dari karakter sebuah labirin akan keseragaman dan keteraturan, justru labirin Walala ini akan menantang siapapun yang ingin menghafal letak semua warna, dinding, dan polanya. Pasalnya, letak semua posisi dinding dalam labirin ini akan terus mengalami perubahan selama durasi instalasi.

Mungkin lebih cocok disebut sebagai hutan warna dan pola. Sebuah keragaman dan kebentrokan antara satu warna dan pola yang lainnya, justru berhasil memikat perhatian dengan harmonisasi dari keragaman dan perbedaan. Taman bermain yang cocok untuk segala umur ini barangkali akan meninggalkan kesan berbeda bagi pengunjung dari usia berbeda pula. Namun yang jelas, segala jejak kekanak-kanakan dalam diri siapapun dalam usia berapa pun yang mengunjunginya dapat terpanggil olehnya. whiteboardjournal, logo