Kreasi Melayang di Tanah Lombok
08/09/17 · 14,416 Views · Febrina Anindita

Teks: Fransisca Bianca
Foto: Dezeen

Ialah seorang arsitek lokal dengan nama Budi Pradono yang menghiasi sebuah bukit di Lombok dengan kontainer melayangnya di atas sebuah rumah mewah. Disebut sebagai Clay House atau juga sebagai Seven Havens Residence, kreasi Budi memang dapat dipandang sebagai sebuah pencakar langit yang justru tidak berkonotasi negatif selayaknya sebuah pengganggu pemandangan, melainkan sebagai sebuah perwujudan seni yang menjadi sebuah penarik perhatian di antara lahan hijau sekitarnya.

Dengan harapan akan memembantu menonjolkan daerah sekitarnya yang masih berkembang, ikonisasi dari Seven Havens Residence memang perlu digarisbawahi usahanya, mulai dari penggunaan kontainer barang setinggi 2.2 meter yang berasal dari pelabuhan pulau tetangga, tanah liat pada dinding yang diambil hanya 20 km dari lokasi dan diolah dengan keterampilan tenaga lokal, serta bambu yang telah dipreservasi sedemikian baiknya untuk menghias interiornya. Masih banyak lagi material lainnya yang menghiasi tiap sudut rumah, yang jika diusut satu per satu asal dan tujuannya mungkin hanya akan membuat terkesima akan kemampuannya menyempurnakan Seven Havens Residence yang arsitekturnya mendekati kata “sempurna.”

Sebuah ikon yang memang berupaya untuk mengikutsertakan unsur lokal sekitarnya dalam aktualisasinya menjadi sebuah penarik perhatian yang lagi-lagi demi menyorot daerah sekitarnya. Kreasi terkini Budi memang tidak sembarangan dalam menjunjung tinggi nilai lokal.

Related Articles
view all
Gimme 5: Januar Kristianto
11/17/17 · 26,870 Views
Final Trailer Annihilation
12/24/17 · 17,287 Views
Gimme 5: Xandega Tahajuansya
07/21/17 · 18,718 Views
Introducing ChopShots 2014
04/15/14 · 33,402 Views
Subscribe to Our Newsletter