Type Directors Club (TDC) 62
08/12/17 · 10,647 Views · Febrina Anindita

Setelah Type Directors Club (TDC) menginjakkan kakinya pertama kali di Jakarta, Indonesia pada tahun 2010 lalu dan mendapat respon besar, pada episode ke-62, TDC kembali berpameran di Jakarta mulai tanggal 14 Agusutus mendatang; dan sama seperti sebelumnya, menjadi ajang melting pot berisi karya typography terbaik dari desainer dunia yang dikurasi secara ketat lewat kompetisi TDC guna mempersembahkan pameran berkualitas. Adanya identitas kuat di tiap karya yang terpilih, membuat pameran ini kaya referensi dan print menarik dalam menginterpretasikan typography secara progresif.

Pada tahun 2010 sendiri, terdapat sekitar 1500 peserta yang mendaftarkan diri mengikuti kompetisi TDC dan tercatat ada 32 negara yang berpatisipasi, antara lain seperti Australia, Austria, Kanada, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, India, Jepang, Korea Selatan, Macau, Belanda, New Zealand, Norwegia, Portugal, Slovenia, Spanyol, dan Switzerland. Tahun ini telah terpilih karya-karya kontemporer dari puluhan negara yang akan dipamerkan di IDDC, Jakarta dengan layout display yang memaksimalkan ruang, guna memberikan pengalaman baru dalam merespon desain grafis maupun menelaah makna maupun estetika di baliknya.

Diurus langsung oleh Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) dengan bantuan John Kudos dari KUDOS.NYC, TDC62 tidak hanya akan menampilkan pameran, tapi juga seminar dengan para ahli desain grafis internasional yang secara eksklusif digelar saat pembukaan. Mengangkat tema-tema krusial dalam ranah desain disertai pendekatan menarik, seminar ini akan menjadi wadah diskusi bagi para praktisi maupun penikmat desain grafis secara umum. Adapun seminar ini akan dibagi menjadi 2 sesi, pertama dengan John Kudos yang akan membahas perkembangan bisnis desain saat ini dan bagaimana cara desainer lokal untuk tetap progresif ketika bersaing di medan internasional. Kedua akan ada sesi bersama Gumpita Rahayu dengan tema seluk beluk industri typography di Indonesia.

Sebagai 2 orang desainer grafis yang hadir dengan karya inovatif dan mampu menembus pasar internasional, Kudos dan Gumpita menjadi sebagian contoh bagaimana desainer grafis dapat menciptakan karya yang terinkorporasi dengan segala disiplin dan ranah, mulai digital hingga urban planning.

-

Pembukaan Pameran
(khusus undangan)
Sabtu, 12 Agustus 2017
13:00-16:00 WIB

Seminar
14:20-15:00 John Kudos: ‘Shifting Design Business – How local designers compete in international setting’
15:00-15:40 Gumpita Rahayu: ‘Seluk Beluk Industri Tipografi di Indonesia’
RSVP: bit.ly/TDC62JKT

Pameran
14 Agustus – 6 September 2017
Senin-Jumat
10:00-17:00

IDDC
Jl. Letjen S. Parman No.112
Jakarta

Subscribe to Our Newsletter