Penal Colony

17.08.17

Penal Colony

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho

Forum Lenteng tahun ini akan kembali lagi menyelenggarakan festival dokumenter dan eksperimental bertaraf internasional, ARKIPEL. Tahun ini ARKIPEL akan menjunjung tema “Penal Colony” yang berangkat dari cerita pendek literatur dunia karya salah satu penulis dunia, Franz Kafka yang bertujuan untuk menyiratkan semangat pengetahuan dalam mempelajari kejahatan seluas-luasnya. Dan karena film, baik fiksi maupun dokumenter adalah ranah yang paling sering mengambil fokus tentang kejahatan, maka ARKIPEL kali ini akan membahas tentang bagaimana sinema menanggapi kejahatan-kejahatan yang terjadi sekarang.

Masih seperti episode sebelumnya, ARKIPEL hadir untuk menjadi ruang diskusi segala hal yang berhubungan dengan sinema dan media secara umum, mulai dari membahas setiap aspek estetika, kritik film, serta menjelaskan bagaimana peran sinema dan media melalui isu atau fenomena sosial-politik yang mempengaruhi kehidupan bermasyarakat, baik di Indonesia maupun global.

Selain menjadi forum diskusi sinema dokumenter dan eksperimental, ARKIPEL akan mengundang para pembuat film muda dari seluruh dunia untuk mengikuti kompetisi internasional. Film dokumenter dan eksperimental yang terpilih akan ditayangkan di Studio XXI Ismail Marzuki dan Kineforum, serta diselenggarakan Kompetisi Internasional Kuratorial, Program Khusus Kuratorial, Pameran, dan Pemutaran Khusus Internasional.

Pembukaan Pameran Kultursinema
18 Agustus 2017, 19:00
Forumsinema & Lobby Hall A1
Gudang Sarinah Ekosistem
.
Malam Pembukaan
19 Agustus 2017, 19:00
GoetheHaus – Goethe-Institut Indonesien
Diisi oleh seleksi film dari beberapa negara dan penampilan dari Frau
.
Kultursinema akan dibuka mulai 19-25 Agustus 2017
13.00 – 21.00
GoetheHaus, kineforum, Forumsinema
.
Malam Penghargaan
26 Agustus 2017
GoetheHaus – Goethe-Institut Indonesien
Diisi dengan Arkipel Award Film Screening serta penampilan dari Indische Partywhiteboardjournal, logo