Akomodasi untuk Penyair dan Kucing

24.09.17

Akomodasi untuk Penyair dan Kucing

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: Dezeen

Bagi sebuah pasangan asal Brooklyn, buku-buku dan kedua kucing mereka adalah cinta terbesar mereka. Satu seorang penyair dan juga seorang profesor, satu lagi adalah direktur puisi dan literatur di Perpustakaan Kongress. Keduanya menginginkan tempat tinggal yang terang dan berwarna untuk mereka hidup dan kerja, serta mengakomodasi kedua peliharaan mereka. Sebuah firma arsitektur bernama BFDO berhasil membangun rumah impian mereka dengan desain yang mengutamakan dua faktor, pekerjaan dan kucing pasangan tersebut.

Dinamakan “House of Booklovers and Cats,” rumah dengan desain modern ini terlihat nyaman untuk ditinggali oleh seorang seniman maupun kucing. Dengan jendela-jendela modern yang besar dan juga kaca atap di tengah-tengah gedung yang menembus lantai dua, cahaya matahari bisa menerangi sisi interior dengan alami, memberikan inspirasi untuk pekerjaan serta penerangan untuk kehidupan sehari-hari. Layaknya seorang yang berkecimpung di dunia literatur dan seni, ruang utama dalam rumah terdapat rak buku yang dibangun mengisi satu tembok, menunjukkan koleksi buku-buku dan pernak-pernik yang dimiliki oleh pasangan.

Rak buku yang ada di ruang utama juga berperan sebagai tangga untuk kedua ekor kucing sang pasangan yang pemalu, di mana mereka bisa memanjat dengan mudah ke atas rak seandainya sang majikan sedang kedatangan tamu. Rak tersebut mempunyai banyak pijakan dan lubang, serta bagian atasnya terdapat dua tepian yang yang naik dari tengah. Di setiap ujungnya terdapat tempat bersembunyi kecil untuk kedua hewan peliharaan agar bisa tetap mengobservasi dan hadir saat keluarga sedang berkumpul.whiteboardjournal, logo