Rogers dan Piano “Hidup” di Paris
10/12/17 · 13,543 Views · Febrina Anindita

Teks: Ibrahim Soetomo
Foto: Dezeen

Seniman Prancis Xavier Veilhan menciptakan patung sosok arsitek Richard Rogers dan Renzo Piano, yang akan dipamerkan secara permanen di seberang Centre Pompidou, gedung ikonik ciptaan kedua arsitek tersebut. Patung-patung ini merupakan variasi dari Seri Arsitek Xavier Veilhan dan telah dipamerkan secara khusus untuk pertama kalinya di Palace of Versailles pada 2009. Kedua patung ini juga akan dipamerkan di Galerie Perrotin, Paris, sebelum ditempatkan di Place Edmond Michelet, seberang Centre Pompidou.

Seperti versi aslinya, karya teranyar ini dibuat dari stainless steel setinggi 5 meter dan memiliki bentuk segi, yang membedakan adalah warna dan ukurannya yang lebih beragam. Kedua patung ini diberi warna hijau agar menyerupai konstruksi Centre Pompidou dan akan ditempatkan di ruang publik.

Sebelumnya, Veihan ingin membuat seri patung musisi pop, politisi atau aktor-aktor terkenal, tapi sosok arsitek merupakan subjek favoritnya dan ia menyebut mereka sebagai “contemporary heroes.” Arsitek Richard Rogers dari Inggris dan Renzo Piano dari Italia ia pilih karena karya-karya mereka memadukan kemahiran teknis, modernitas dan teknologi, serta ide-ide mengenai humanisme yang dikembangkan pada 1970-an.

Subscribe to Our Newsletter