Quick Review: Bottle Rocket

09.10.17

Quick Review: Bottle Rocket

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: Collider

Masyarakat penggemar sinema mungkin sudah tidak asing lagi dengan film durasi panjang pertama Wes Anderson, “Bottle Rocket.” Film yang dirilis pada tahun 1996 ini merupakan salah satu dari film tahun 90-an kesukaan Martin Scorsese, serta salah satu film yang anehnya tidak laku pada saat itu. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa dua tahun sebelumnya Anderson bersama Wilson bersaudara membuat sebuah film pendek dengan judul yang sama. Kesuksesan film ini adalah apa yang membuat mereka bertiga percaya diri untuk membuat versi panjangnya.

Film pendek ini lebih menunjukan sisi Anderson yang masih mentah. Tentu dia sudah memulai menunjukan demamnya kepada kesimetrisan dan dialog jenaka, tetapi masih dalam stadium awalnya. Perpaduan akting Wilson bersaudara dan Robert Musgrave juga cocok dalam cerita, dimana karakter Dignan dan Anthony yang sudah bersahabat sejak lama mempunyai chemistry yang baik tetapi Ben yang merupakan orang diluar lingkungan sosial mereka bedua terlihat sangat asing. Secara singkat, bisa dibilang film ini adalah rangkuman dari film utamanya yang dirilis pada 1996, dengan cita-cita yang tentunya jauh lebih kecil baik dalam segi cerita maupun produksi.

Quick Review Bottle Rocket: 4/5

Bottle Rocket (1994)
Sutradara: Wes Anderson
Sinopsis: Dua sahabat, Dignan dan Anthony, berencana untuk merampok bank dengan teman pencinta ganja mereka, Bob.whiteboardjournal, logo